Jumlah Nama Domain .id Naik 31 Persen, Tertinggi di Asia Tenggara

oleh -5 Dilihat
oleh
jumlah nama domain id naik 31 persen tertinggi di asia tenggara 5efbda0

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Jumlah nama domain .id mencapai 951.421 per 31 Desember 2023, meningkat 31% dibandingkan tahun 2022 sebanyak 726.305.

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) John Sihar Simanjantak mengklaim pencapaian tersebut masih menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

“Saat ini jumlah nama domain .id merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara. Jumlah pengguna domain BIZ.ID mengalami pertumbuhan paling besar dengan peningkatan jumlah sebesar 511%,” ujar John First 96.218 pada tahun 2023 pernyataan Kamis (1/2/2024).

Ia mencontohkan, terdapat domain MY.ID di bawah BIZ.ID yang meningkat sekitar 33% dari 279.576 pada tahun 2022 menjadi 372.628 pada tahun 2023.

Tumbuhnya domain BIZ.ID menjadi bukti dukungan PANDI terhadap UMKM, kata John.

“Pandi selalu mendukung pertumbuhan ekonomi digital melalui 30 juta aplikasi digital UMKM Go di Indonesia dan penggunaan domain .id oleh UMKM di Indonesia,” ujarnya.

Menurut John, bertambahnya jumlah nama domain ini karena upaya PANDI dalam mempromosikan nama domain .id, khususnya BIZ.ID dan MY.ID, melalui berbagai event, promosi atau kontes yang berkaitan dengan bisnis UMKM dan elemen lainnya adalah masyarakat. .

“Selain diadakannya event/sosialisasi/kontes, penyesuaian harga nama domain BIZ.ID juga berdampak pada peningkatan jumlah pengguna domain BIZ.ID,” kata John.

John menambahkan, PANDI terus melakukan inovasi agar domain .id dapat digunakan sebagai identitas digital, termasuk teknologi blockchain.

“Hingga tahun 2023, PANDI berupaya memperkuat domain .id sebagai identitas digital di Indonesia, PANDI juga mengembangkan penggunaan aksara Pali, Java, dan Pagan.” Domain (SLD) pada domain .id.

Dijelaskannya, ada banyak domain .id yang dirancang untuk digunakan dalam teknologi blockchain, seperti d.id, cb.id, btc.id, hns.id, eth.id, blockchain.id, space.id, galaxy id, forever .

“Pada tahun 2023, PANDI juga akan terus melakukan beberapa langkah perbaikan infrastruktur untuk meningkatkan layanan, seperti penambahan node DNS, peningkatan infrastruktur Mandiri Registry System (SRM) yang mampu menampung 2 juta nama domain, penerapan penilaian kerentanan dan masih banyak lagi.” menjelaskan.

PANDI sendiri saat ini menargetkan penambahan nama domain .id menjadi 1,2 juta pada tahun 2024 agar bisa menampung lebih banyak TLD (top-level domain) di negaranya.

“Untuk mencapai hal tersebut, PANDI akan terus berinovasi dan berkolaborasi dalam layanan domain .id serta mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk menggunakan nama domain .id,” kata John.

Selain untuk menunjang kegiatan promosi atau branding khususnya bagi usaha kecil dan menengah, PANDI menawarkan inovasi berupa layanan short link microsite s.id dan platform klip.id, sebuah platform aplikasi dan kampanye kompak yang dikembangkan oleh anak-anak Indonesia

PANDI sebelumnya telah menandatangani MoU dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) untuk mendukung 30 juta UMKM Go Digital serta MoU mengenai digitalisasi dan penggunaan domain .id di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.