Pasokan Biomassa untuk PLTU Paiton Cukup, Listrik Selama Libur Idul Fitri 2024 Aman

oleh -5 Dilihat
oleh
pasokan biomassa untuk pltu paiton cukup listrik selama libur idul fitri 2024 aman aec1589

bacadisini.web.id.com, Jakarta Anak perusahaan PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) memastikan pasokan biomassa ke PLTU aman selama masa tunggu Ramadhan dan Idul Fitri 1445. Dengan cara ini, pembangkit yang menggunakan penukar batubara dapat menjamin kontinuitas pasokan listrik atau co-firing.

PLTU Paiton, salah satu pilar kelistrikan Jawa-Bali, telah menerapkan co-firing batu bara dengan biomassa 5%, kata Aywan Agung Firtantara, Direktur Utama PLN EPI. Dengan cara ini, PLN EPI dapat memenuhi kebutuhan biomassa selain kebutuhan batu bara, sehingga memastikan transmisi listrik Patton tetap optimal. “SubHolding PLN EPI akan berperan penting dalam penyediaan listrik pada Hari Raya Idul Fitri 1445 tahun ini. Selain itu, arus masyarakat pada masa mudik tahun ini sangat penting sehingga pasokan listrik kembali ke sekolah. lokasi di Jateng, Jatim, dan daerah lain harusnya paling OK,” kata Ivan, Senin (8/4/2024).

Tahun ini, PLTU Paiton perlu menyuplai biomassa sebanyak 154.519 ton untuk PLTU Paiton 1-2. Selain itu, PLTU Paiton wajib mengirimkan sebanyak 9.105.062 ton. Selain itu, serapan biomassa PLTU Paiton mencapai 139.834 ton pada tahun lalu. PLTU Paiton 9 berbobot 22.741 ton. Dengan mempertimbangkan keandalan pasokan pada tahun lalu, maka pada tahun ini PLN EPI akan memastikan PLTU Paiton dapat memenuhi seluruh kebutuhannya.

“Semua kebutuhan biomassa PLTU Paiton kami prioritaskan. Saat ini kebutuhan serbuk gergaji yang merupakan bahan baku utama biomassa PLTU Paiton dapat tercukupi dengan baik.” PLTU Payton

Direktur Utama PLN Dharmawan Prasojo juga menjelaskan PLTU Paiton Java berkontribusi 17% terhadap sistem ketenagalistrikan Madura di Bali. Dari sisi pasokan energi primer, PLTU Paiton mendapat jaminan pasokan batubara rata-rata lebih dari 20 hari kerja (HOP).

“PLTU Paiton juga telah menerapkan program co-firing untuk menggantikan 5% batubara dengan serbuk gergaji (wood chips) sehingga lebih ramah lingkungan. Serbuk gergaji tersebut sangat aman dan dapat memenuhi kebutuhan saat lebaran,” kata Dharmawan.

Sebelumnya, Sub Holding Energi Primer PLN (PLN EPI) memastikan pasokan energi primer tetap aman menjelang Idul Adha 1445 H/2024. Saat ini rata-rata cadangan energi primer nasional mencapai lebih dari 20 hari kerja (HOP).

Direktur Utama PLN EPI Aywan Agung Firtantara mengatakan PLN berkomitmen penuh untuk menyediakan listrik andal sebagai sumber energi utama operasional PLTU agar seluruh masyarakat dapat merayakan momen penting keagamaan seperti Idul Fitri 1445 H.

“Idul Fitri merupakan momen penting bagi masyarakat Indonesia untuk tetap terhubung. Oleh karena itu, kami berkomitmen menyediakan energi primer bagi PLTU agar masyarakat dapat dengan senang hati menikmati momen penting ini,” kata Ivan, Minggu (4/7/2024).

Irrfan mengatakan, pihaknya memperkuat rantai pasok dan memastikan kebutuhan energi dasar seluruh unit pembangkit terpenuhi untuk memenuhi kebutuhan Idul Fitri 1445.

Hal ini juga memastikan pasokan listrik utama ke genset berada dalam kondisi aman. Tidak ada keadaan darurat untuk pasokan batubara di PLTU PLN, dengan rata-rata 22,2 – 31,9 hari kerja (HOP).

Secara spesifik, rata-rata cadangan batubara di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) adalah PLTU PLN 24,9 KOP, rata-rata cadangan batubara di Sumatera-Kalimantan (Sumkal) adalah 22,2 KOP, dan rata-rata cadangan batubara di Sulawesi-Maluku -Rata-rata cadangan batubara di Papua. -Nusa Tenggara (Sulmapana) 31,9 HOP.

“Saat ini PLTU batubara dalam kondisi sangat baik dan stok cadangan kami di atas 20 KOP, siap memberikan daya maksimal pada Idul Fitri 1445,” jelas Ayvan.

Aiwan menjelaskan, total pasokan listrik berbahan bakar batu bara pada tahun 2024 hingga 2026 telah diselesaikan melalui perintah yang diberikan kepada Sumber Daya Mineral sesuai surat Direktorat Jenderal Pertambangan dan Batubara, No. B-1839/MB.05/DBB. OP/2023, Tanggal 2 Desember 2023.

Mamit Setiavan, Sekretaris Perusahaan PLN EPI, mengatakan persiapan energi awal juga didukung oleh industri migas yang juga dalam posisi aman. Pasokan gas bumi ke pembangkit di wilayah Jawa-Madura-Bali sebesar 802,84 miliar British pound (BBTU) sebesar 226,03 BBTU di Sumatera, 53,56 BBTU di Kalimantan, dan 35,86 BBTU di Sulawesi. Sementara itu, pasokan bahan bakar dan pelumas juga terjamin dengan cadangan rata-rata 14,3 KOP di seluruh wilayah. republik.

Terakhir, demi menjaga keamanan pasokan listrik pada Hari Raya Idul Fitri 1445H, PLN menetapkan masa tunggu Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1445H mulai tanggal 3 hingga 19 April 2024. Pada periode tersebut, PLN telah memberikan peringatan kepada 2.766 posisi di seluruh Indonesia, dengan 81.591 personel bertugas di seluruh Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.