Wapres Ma’ruf Amin Minta Pemkab Jember Petakan Kantong Wilayah Stunting dan Perbaiki Layanan

oleh -5 Dilihat
oleh
wapres ma ruf amin minta pemkab jember petakan kantong wilayah stunting dan perbaiki layanan 14af336

Reporter bacadisini.web.id.com Geeta Erwan melaporkan

Tribe News.com, JUMBER – Wakil Presiden RI KH Maruf Amin meminta Pemerintah Kabupaten Jumber menyiapkan peta lokasi pementasan.

Ia juga meminta Pemkab Jember meningkatkan pelayanan.

Hal itu disampaikannya pada Rabu (12/06/2023) saat memberikan komentar pada acara dukungan program penggeledahan di Kabupaten Jumber.

“Pertama, pastikan bantuan sementara ini tepat sasaran dan tidak tumpang tindih dengan bantuan yang diberikan pemerintah,” kata Maruf.

“Pemerintah Kabupaten Jamber harus bisa memetakan kantong-kantong daerah yang stagnan, dan mengidentifikasi pelayanan yang masih kurang dan perlu ditingkatkan. .” dia melanjutkan

Kedua, Maruf menyerukan kemitraan antara pemerintah pusat dan daerah dengan pihak swasta, perguruan tinggi, organisasi profesi, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan media untuk mengurangi penutupan tersebut.

Ia juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Jamber untuk melakukan koordinasi agar dukungan koperasi peternakan diarahkan pada bidang prioritas dan tujuan prioritas serta pada cakupan pelayanan yang belum dapat dipenuhi oleh pemerintah.

Ketiga, Maruf mengatakan bantuan pangan tidak boleh hanya diberikan kepada anak-anak rentan saja.

Menurutnya, penting juga untuk mendukung ibu hamil dan anak sehat dalam menjaga nutrisi agar berat badannya tidak turun.

Khususnya dalam hal ini, ibu hamil dan anak dari keluarga berisiko mengalami lahir mati.

“Lebih jauh lagi, katanya, angka stunting meningkat pada anak-anak antara enam bulan dan satu tahun, sebagian karena persediaan makanan yang tidak memadai.”

Oleh karena itu, dukungan gizi harus difokuskan pada pemberian makanan tambahan yang gizinya cukup dan berkualitas, dimana salah satu yang diperlukan adalah konsumsi protein hewani seperti telur, ikan dan lain-lain.

Terakhir, mereka menyerukan edukasi masyarakat dan sosialisasi secara besar-besaran tentang pentingnya mencegah pembangunan.

Dengan cara ini, kata dia, kesadaran masyarakat akan meningkat, dan kemauan untuk berpartisipasi aktif dalam percepatan pengurangan pencemaran.

Beliau menyampaikan: “Saya berharap program kemitraan ini dapat dilaksanakan secara fokus dan berkelanjutan, serta dapat mendorong banyak pihak lain di Kabupaten Jambar untuk memberikan kontribusi nyata dalam mengurangi angka tunggakan.” Petugas mengukur tinggi badan anak kecil di Pos Kesehatan Desa Bandungrejusari, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (10/8/2023). Secara total, ada 43 anak kecil yang menerima makanan pendamping ASI. Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Milling (Dinsos-P3AP2KB) mengatakan, ada 1.950 anggota keluarga di Kota Milling yang membantu mencegah dan mengurangi situasi tersebut. dan kader PKK. Surya/Provinto (Suriah/Provinto)

Seperti diketahui, stagnasi masih menjadi permasalahan besar yang perlu segera diatasi.

Ia mengatakan, pucat tidak hanya berdampak pada kondisi fisik anak, tapi juga kesehatan dan kemampuan berpikir.

Anak-anak yang rentan akan menjadi orang dewasa yang kurang produktif, kata Maruf, yang pada akhirnya akan menghambat pertumbuhan ekonomi dan menimbulkan masalah ketimpangan dan kemiskinan.

Dengan kata lain, generasi penerus yang ragu pasti akan membawa masa depan bangsa dalam keraguan.

Menurutnya, berbagai upaya pemerintah berhasil menurunkan prevalensi stunting dari 30,8 persen pada tahun 2018 menjadi 21,6 persen pada tahun 2022.

Namun, kata dia, waktu kita untuk mencapai penghentian 14 persen pada tahun 2024 semakin terbatas.

Ia mengatakan: “Saya mendesak semua pihak, termasuk para pemimpin daerah, untuk fokus memantau pelaksanaan program percepatan perlambatan untuk mencapai nihil stagnasi pada tahun 2030, sesuai dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Itu adalah tujuannya.”

“Untuk itu, seluruh pelaku baik pusat maupun daerah harus memastikan adanya koordinasi antar program mulai dari tingkat pusat hingga daerah.”

Maruf juga mengapresiasi komitmen PT Semen Imasco Asiatic dan Yayasan Dewa Dewi Indonesia dalam mempercepat proses deforestasi dengan mendukung program deforestasi di Kabupaten Jumber.

Bantuan ini diharapkan dapat berkontribusi positif dalam mengurangi kemacetan di Kabupaten Jamber, ujarnya.

Perwakilan warga setempat didukung oleh PT Semen Imasco Asiatic dan Yayasan Dewa Dewi Indonesia.

Selain itu, dukungan juga diberikan secara simbolis kepada Bupati Jamber.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.