7 Tips Ampuh Mengatasi Perut Kembung secara Alami

oleh -9 Dilihat
oleh
7 tips ampuh mengatasi perut kembung secara alami e97949a

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Kembung sering digambarkan sebagai rasa penuh atau tegang pada perut, seolah-olah ada gas yang terperangkap, perut seolah-olah lebih besar dari biasanya, dan rasa tidak nyaman pada perut.

Tingkat keparahan ketidaknyamanan akibat pembengkakan bervariasi dari ringan hingga berat. Namun, hal ini dapat berdampak signifikan terhadap kualitas hidup.

Sembelit biasanya tidak berbahaya, namun jika Anda mengalami nyeri hebat, buang air besar tidak teratur, tinja berdarah, demam, diare, atau muntah, sebaiknya segera temui dokter. Tenaga medis profesional dapat membantu menemukan penyebab pembengkakan dan cara mengobatinya.

Ada beberapa perawatan efektif yang tersedia untuk mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang ditimbulkannya. Lanjutkan membaca pembahasan artikel ini untuk 7 tips melawan sakit maag, seperti dilansir Forbes pada Selasa, 23 April 2024. 1. Makan lebih lambat.

Makan terlalu cepat bisa menyebabkan udara kembung karena Anda makan sambil makan. Makan terlalu cepat dapat menghalangi otak mengirimkan sinyal kenyang yang menyuruhnya berhenti makan saat sudah kenyang.

“Tidak adanya sinyal ini dapat menyebabkan makan berlebihan, yang dapat menyebabkan peradangan,” kata Kenneth Brown, MD, ahli gastroenterologi di Plano, Texas.

Makan dengan penuh kesadaran dapat membantu memperlambat kebiasaan makan Anda. Brown merekomendasikan untuk memperhatikan tekstur, rasa, aroma dan tekstur makanan di mulut Anda saat Anda makan.

“Strategi ini bisa membantu Anda makan lebih lambat, menikmati makanan, dan mengurangi kembung,” ujarnya.

Ketika Anda tidak minum cukup air atau melakukan hal-hal yang dapat membuat Anda dehidrasi (seperti berolahraga, minum alkohol, atau makan makanan asin), tubuh Anda akan menahan air.

Retensi air memperlambat pencernaan dan membuat Anda kembung. Selain itu, hindari minuman manis, berkafein, atau beralkohol, yang juga dapat menyebabkan dehidrasi dan kembung, menurut Brown. 3 Mengobati sembelit.

Sembelit terjadi ketika usus tersumbat atau ketika tubuh tidak buang air besar secara teratur, yang dapat menyebabkan penumpukan limbah dan gas, kata Brown. Formasi ini dapat menyebabkan gejala pembengkakan.

Menurut Brown, penyebab sembelit yang paling umum adalah: Kurangnya serat makanan.

Meskipun mengonsumsi cukup serat merupakan bagian penting dalam mengatur usus Anda dan mencegah kembung akibat sembelit, terlalu banyak serat dapat memperburuk kembung, kata Andrea Hardy, ahli gizi pencernaan terdaftar di Ignite Nutrition di Calgary, Kanada.

Faktanya, terlalu banyak makan sayur dan buah bisa menyebabkan peradangan, kata Hardy.

Selain itu, jenis serat yang dikonsumsi seseorang dapat memengaruhi peradangan. Serat tidak larut, seperti sayuran, biji-bijian, dan gandum, tetap tidak berubah selama proses pencernaan. Ini memindahkan makanan melalui lambung dan usus dengan cepat dan meningkatkan jumlah tinja. 5. Tumbuh dewasa

Olahraga dapat membantu mengeluarkan gas yang terperangkap di usus. Jalan-jalan atau lakukan peregangan, seperti mengangkat lutut ke dada.

“Gerakan dapat membantu meringankan ketidaknyamanan akibat pembengkakan,” kata Hardy.

Felice H. Schnoll-Sussman, MD, ahli gastroenterologi di Weill Cornell Medicine di New York City, mengatakan minum melalui sedotan dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang.

Minum melalui sedotan dapat menyebabkan aerophagia, atau menelan udara. Udara yang tertelan dan tidak dihembuskan menimbulkan gas di usus dan memperparah kembung. 7. Pijat perut

“Memijat perut adalah cara mudah untuk meredakan kembung,” kata Schnoll-Sussman.

Untuk memulai, letakkan tangan Anda di tulang rusuk kanan dan perlahan gerakkan tangan Anda dengan gerakan memutar di sisi kanan tulang rusuk Anda.

Kemudian, gerakkan tangan Anda tepat di atas perut, ke tulang rusuk kiri, lalu ke tulang rusuk kiri, buat lingkaran besar di atas pusar. Ulangi cara ini hingga gas yang terperangkap keluar dan pembengkakan berkurang.

Pijat perut juga dapat menjadi bagian dari terapi fisik untuk IBS dan sembelit kronis, yang juga dapat membantu mengatasi kembung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.