Anda Sering Mengupil? Hati-Hati, Kebiasaan Itu Tingkatkan Risiko Demensia

oleh -66 Dilihat
oleh
anda sering mengupil hati hati kebiasaan itu tingkatkan risiko demensia 50d6009

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA – Mengupil merupakan hal yang sering dilakukan setiap orang. Namun, kebiasaan membuang ingus dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

Obsesi mengupil juga dikenal sebagai rhinotillexomania. Menurut penelitian yang dilakukan tim peneliti dari Australia, kebiasaan mengupil terlalu sering dapat memudahkan perpindahan kuman dari tangan ke hidung. Mikroba ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari, termasuk penyakit Alzheimer.

Tim peneliti menemukan bahwa jamur, bakteri, atau virus yang masuk ke hidung setelah mengupil bisa “berjalan” ke otak. Di otak, patogen tersebut dapat menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko demensia seperti penyakit Alzheimer.

Peningkatan ini bisa terjadi karena beta amiloid diproduksi di otak sebagai bagian dari mekanisme pertahanan saat terjadi peradangan. Beta amiloid ini dapat menumpuk dan mempengaruhi sel-sel otak yang sehat.

“Peradangan saraf pada penyakit Alzheimer mungkin disebabkan sebagian oleh patogen virus, bakteri, dan jamur yang masuk ke otak melalui sistem hidung dan penciuman,” lapor tim peneliti dari University of Western Sydney, seperti dilansir dari Wednesday Express (7/2 / ) 2024).

Untuk menghindari risiko tersebut, tim peneliti menyarankan masyarakat untuk rutin mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer. Penting juga untuk menjaga kebersihan tangan saat membuang ingus.

“Meningkatkan kebersihan tangan bisa menjadi tindakan pencegahan yang mudah,” kata tim peneliti.

Penyakit Alzheimer adalah bentuk demensia yang paling umum. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan bahwa sekitar 60-70 persen pasien demensia menderita penyakit Alzheimer.

“Rumah kini menjadi penyebab kematian nomor tujuh dan salah satu penyebab kecacatan dan ketergantungan terbesar pada lansia di seluruh dunia,” kata WHO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.