Cegah Caleg Gagal Depresi, Psikiater: Dukungan Keluarga Penting Sekali

oleh -4 Dilihat
oleh
cegah caleg gagal depresi psikiater dukungan keluarga penting sekali 8323cf6

bacadisini.web.id.CO.ID, MAKASSAR – Dukungan keluarga dinilai sangat penting dan diperlukan bagi calon legislatif yang gagal dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024. Sulawesi (lanjutan) Dr Agus Japari mengatakan dukungan keluarga dapat mencegah calon legislatif gagal mengalami depresi.

“Dukungan keluarga itu penting sekali, harus ada dan baik. Dengan begitu, calon legislatif yang gagal bisa bertahan, kembali normal, tidak khawatir akan kegagalannya dan bisa kembali bekerja,” jelas psikolog di Makassar, Senin (19) ini. /2/2024).

Menurutnya, keluarga harus berperan dalam meningkatkan semangat calon legislatif yang gagal. Tak bisa dipungkiri, kurangnya semangat seringkali berujung pada depresi pada calon legislatif yang gagal. Support system atau dukungan tidak hanya dari keluarga, tapi juga dari teman dan lingkungan, sangat berdampak terhadap kesehatan mental para calon legislatif yang sudah tidak bisa lagi menerima kenyataan.

“Dukungan ini harus selalu memberikan dukungan, dorongan dan nasehat, karena kalau ada yang gagal pasti akan down (demoralisasi), termasuk para calon legislatif. , kata Agus.

Namun, kalaupun ada yang sakit karena tak bisa menjadi anggota legislatif, psikolog Sulsel mengimbau anggota keluarganya tetap mendampingi dan mendapatkan konseling. Dari situ, kata Agus, terlihat parahnya gangguan jiwa tersebut. Tahapan penyakit jiwa dimulai dari rasa cemas, rasa khawatir yang berlebihan hingga sulit tidur atau insomnia, kemudian banyak berpikir hingga lama kelamaan kehilangan semangat dan akhirnya depresi.

“Silakan datang ke RSKD Dadi, kami siap memberikan saran. Biasanya setelah pemilu legislatif, meski tidak banyak,” ujarnya.

Terkait kesehatan jiwa calon legislatif yang gagal, pemerintah pusat juga mendapat perhatian dengan menghimbau seluruh rumah sakit jiwa (RSJ) di Indonesia untuk mempersiapkan perawatannya. RSKD Dadi Makassar telah melatih 14 orang psikiater untuk memberikan pelayanan maksimal kepada calon legislatif yang menghadapi depresi pasca Partai Demokrat 2024.

Koordinator Humas RSK D Dadi Dr Vavan Satriyavan mengatakan sejauh ini belum ada calon legislatif yang datang untuk berkonsultasi. “Kami mungkin masih menunggu penghitungan bacadisini.web.id dan pengumuman, tapi kami berharap tidak ada yang mengalami depresi,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.