152 Ribu Orang Diprediksi Lalu Lalang di Bandara Palembang saat Mudik Lebaran

oleh -6 Dilihat
oleh
152 ribu orang diprediksi lalu lalang di bandara palembang saat mudik lebaran 624fadd

bacadisini.web.id.com, Palembang – Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang menargetkan peningkatan jumlah penumpang yang dilayaninya pada perjalanan pulang pada tahun 2024. Diperkirakan lebih dari 152 ribu orang akan kembali ke sana.

General Manager Bandara SMB II Palembang Iwan Winava Mahdar mengatakan perkiraan tersebut meningkat dibandingkan musim mudik tahun lalu. Meski repatriasi lebaran diketahui lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi Covid-19.

“152.229 penumpang, naik 3 persen dibandingkan tahun 2023, namun tingkat perolehannya masih 77 persen dibandingkan periode sebelum Covid-19,” kata Iwan saat ditemui di Bandara SMB II, Palembang, Sumsel, Jumat (22/). 3/2024).

Dengan prediksi tersebut, Iwan memperkirakan puncak lalu lintas akan terjadi pada 8 April 2024 atau H-3 Idul Fitri 1445H. Sedangkan puncak retrograde diperkirakan terjadi pada 14 April 2024 atau H+3 Edul Fitri.

“Kami prakirakan H-3 arus mudik, Minggu 8 April (April 2024) pergerakan pesawat 67 dengan penumpang kurang lebih 11.200 (orang). Setelah itu H+3 arus balik dan 14 April perkiraan 10.200 (orang),” ujarnya.

Dia mengatakan banyak maskapai penerbangan yang menambah jadwal penerbangan menjelang musim perjalanan Idul Fitri. Maskapai Citilink dan Lion Air Group juga menambahkan, komentar mereka.

“Saat ini baru ada 2 film lagi dari Citylink, Batam dan Sokerno-Hatta, bukan yang lain,” ujarnya.

“Ada singa baru (lebih), total ada 14 penerbangan lagi,” ujarnya. Jam buka bandara tidak diperpanjang.

Di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2 Palembang, dia mengatakan, belum ada rencana penambahan jam operasional saat mudik Lebaran. Saat ini Bandara SMB II menyediakan layanan 19 jam.

Namun dia menyatakan akan tetap mengambilnya jika diminta pihak maskapai untuk mendarat lebih lambat dari jam kerjanya.

“Jadi memang tidak ada amanahnya (operasional 24 jam). Sekilas kami siap apa pun yang dibutuhkan maskapai, tapi jam operasional kami masih dibatasi pukul 24.00 waktu setempat. Kalau mendarat pukul 13.00 atau Jam 02.00 namanya perpanjangan, nanti kita permudah.” Kesiapan bandara

Hal ini didukung dengan kesiapan tempat parkir pesawat. Ewan mengatakan ada 14 tempat yang bisa mereka manfaatkan. Tentu saja SMB II siap membantu jika diketahui akan semakin banyak pesawat yang menggunakan lapangan terbang tersebut.

Namun yang ingin kami sampaikan kepada pihak maskapai adalah kapan pun Anda ingin mendarat, kami pasti akan melayani Anda. Karena kebetulan kami punya 14 tempat parkir, bahkan kami bisa menampung 14 pesawat jika ingin terbang keliling. Lebih lanjut,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Citiline Diwa Kadek Rai membeberkan angka peningkatan jumlah penumpang penerbangan pada 2 bulan pertama. Dibandingkan tahun sebelumnya, terindikasi lebih tinggi hingga 17 persen.

Kemenangan tersebut merupakan tanda membaiknya industri penerbangan tanah air, kata Dewa. Di tahun Ia berharap pada tahun 2024 yakni tahun ini, prestasi-prestasi positif dapat dibukukan.

Optimisme kami pada tahun 2024 cukup baik, dari sudut pandang Citylink kami melihat tingkat pendaratan pesawat kami meningkat sebesar 16-17% dibandingkan tahun lalu. Otoritas Transportasi, Jakarta, Kamis (7 Maret 2024).

Ia mengatakan, kemenangan yang diraih pada Januari hingga Februari 2024 merupakan hal yang baik untuk masa depan. Di tahun Pada Maret 2024, ia berharap okupansi bisa meningkat.

Ada juga periode Ramadhan dan Idul Fitri. Hal ini seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang melakukan perjalanan, seperti mudik saat Lebaran.

“Jadi dari bulan Januari, Februari ini menandakan ada pemulihan trafik dan maskapai penerbangan secara umum, dan di bulan Maret, bahkan setiap tahunnya, kita berharap ini adalah peak season tahun ini.”

Meski saya mendukung proses peningkatan kinerja, Dewa tidak menutup kemungkinan akan mengoperasikan pesawat tambahan. Namun, dia menegaskan pihaknya tidak akan menambah kapal baru. Sebaliknya, pihaknya memperbaiki armada yang menganggur sejak pandemi Covid-19.

“Di Citylink kami berusaha keras untuk mendapatkan pesawat kami yang telah berada di darat selama 2,5 tahun, jadi kami tidak memiliki tambahan baru pada pesawat tersebut, tetapi kami mencoba untuk memperbarui pesawat tersebut.” Dia menjelaskan.

Kementerian Perhubungan telah menunjukkan kemajuan dalam industri penerbangan tanah air. Bahkan disebut-sebut sudah mulai pulih dari penurunan jumlah penduduk akibat wabah Covid-19 beberapa waktu lalu.

Direktur Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Putu Eka Kahyadi mengatakan, tingkat utilisasi di sektor penerbangan sudah mencapai 83 persen. Angka ini bisa diartikan sebagai pemulihan.

Pemulihan yang bisa kita capai selama ini, seingat saya, pemulihan di dalam negeri sudah mencapai 83 persen, kata Putu dalam Diskusi Forwahub Kementerian Perhubungan: Potensi Maskapai 2024, Jakarta, Kamis. (3/7/2024)

Industri penerbangan telah mengalami kesulitan sejak wabah ini terjadi. Selain itu, banyak larangan dan pembatasan yang dapat dilakukan penumpang.

Di tahun Setelah melewati tantangan pada tahun 2019 hingga 2022, industri penerbangan tanah air mulai menunjukkan kemajuan menuju pemulihan pada tahun 2023. Putu berencana menjadi katalis lain untuk meningkatkan okupansi penerbangan di Tanah Air pada tahun ini.

“Dari perkiraan kami, tahun ini juga menjadi tahun kita akan termotivasi untuk cepat pulih,” tegasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.