Inul Daratista Berjuang Demi Nasib 5.000 Karyawan di Tengah Wacana Kenaikan Pajak Hiburan

oleh -7 Dilihat
oleh
inul daratista berjuang demi nasib 5 000 karyawan di tengah wacana kenaikan pajak hiburan 6de0c33

bacadisini.web.id.com Jakarta Penyanyi Denmark Inul Daratista angkat bicara menentang rencana kenaikan pajak hiburan. Dukungan yang diberikan Inul tidak hanya untuk melindungi keuntungannya sendiri, tapi juga untuk melindungi nasib 5.000 karyawan yang bekerja di seluruh lokasi karaokenya.

Inul Daratista, salah satu pengusaha yang menentang kenaikan pajak hiburan, mencontohkan dampak negatifnya terhadap industri karaoke dan pekerja yang terlibat di dalamnya. Meski pemerintah menunda kenaikan pajak, Inul Daratista tetap berusaha membela penderitaan para pekerjanya dan mengungkapkan keprihatinannya terhadap keadaan industri hiburan Indonesia.

“Saya masih berjuang agar karyawan saya bisa bekerja,” kata Inul Daratista di gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian di Jakarta, Senin (22/01/2024).

Inul Daratista saat ini memiliki kurang lebih 5.000 karyawan di berbagai toko yang dimilikinya. Kenaikan pajak hiburan dapat berdampak besar, menyebabkan kerugian besar pada tempat karaoke dan memaksa mereka untuk menutup operasionalnya, yang berujung pada PHK massal seluruh karyawannya.

“Total pegawainya 5.000, ditambah koneksi dan keluarga macam-macam, jadi bisa antara 20-25 ribu orang. Itu saya saja,” kata Inul Daratista menekankan dampak sosial yang signifikan dari bisnisnya.

Para pekerja di tempat karaoke miliknya mulai merasa resah dengan rencana kenaikan biaya hiburan. Meskipun pendapatan dari bisnis karaoke telah menurun, terutama dengan diberlakukannya pajak hiburan sebesar 25% saat ini, pembicaraan mengenai kenaikan pajak hingga 40% semakin mengkhawatirkan para karyawan.

Inul Daratista menjelaskan, kondisi usaha saat ini sudah cukup sulit dengan pajak hiburan yang berlaku saat ini dan kenaikan lebih lanjut dapat mengancam eksistensi usahanya. Hal ini membuat karyawan merasa tidak aman terhadap pekerjaannya.

“Mereka juga resah saat ini. Sebab, ini bukan hanya soal pengurangan, tapi penghapusan seluruh pegawai,” kata Inul Daratista menekankan ketidakpastian yang dirasakan para pekerja.

Meski mengutarakan kekhawatiran dan kegelisahannya, Inul Daratista berharap skenario terburuk yakni penutupan usahanya tidak terjadi. Di sisi lain, satu-satunya solusi yang dianggap efektif Inul Daratista untuk mempertahankan bisnisnya adalah pembatalan rencana kenaikan pajak hiburan.

Ya, kami berharap semuanya ada solusinya, kata Inul Daratista seraya berharap pemerintah mempertimbangkan kembali kebijakan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.