Penyebab dan Cara Memperbaiki Earphone Mati Sebelah

oleh -4 Dilihat
oleh
penyebab dan cara memperbaiki earphone mati sebelah 5da69a4

JAKARTA – Cara memperbaiki headphone mati membuat warganet penasaran. Selain mengganggu aktivitas dan komunikasi, headphone yang menutup salah satu sisinya juga bisa menyebabkan gangguan pendengaran.

Headphone merupakan perangkat audio yang penting, terutama bagi pengguna smartphone yang senang mendengarkan musik. Sayangnya, headphone itu sendiri cukup rapuh karena faktor bentuknya yang kecil.

Untuk headphone berkabel, salah satu masalah paling umum adalah speaker mati di satu sisi. Masalah ini mengganggu saat mendengarkan musik atau menonton film di smartphone. Daripada membeli perangkat baru, Anda bisa memperbaiki alasan dan cara menonaktifkan headset.

Penyebab headphone mati

Alasan salah satu sisi headphone tertutup mungkin karena kabelnya tertekuk. Hal ini terjadi akibat kebiasaan buruk pengguna yang sering membengkokkan kabel. Selain kabel yang terpuntir, periksa juga kabelnya. Ini karena kabel yang putus menyebabkan bacadisini.web.id berhenti mengalir melalui jack headphone.

Pastikan juga kabel tidak kendor, jika tidak dirawat maka headphone akan berfungsi secara tiba-tiba. Jika Anda menemukan sepotong kulit, segera keluarkan.

Cara memperbaiki headphone mati di satu sisi

Sekarang setelah Anda mengetahui penyebab headphone Anda mati, sekarang saatnya mengetahui cara memperbaikinya. Headphone mati satu sisi menghasilkan bacadisini.web.id yang hanya terdengar di satu sisi headset, baik kiri atau kanan. Jika Anda mengalami hal ini, sebaiknya langkah Anda adalah:

1. Luruskan kabel headphone

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kabel untuk mengetahui bagian mana yang rusak. Cara mengatasi headphone mati yang umum dilakukan adalah dengan membengkokkan, memelintir, meluruskan, dan mengatur posisi kabel agar audio dapat tersambung kembali ke kabel headphone.

2. Perbaiki unit speaker

Tak hanya dari kabel, headphone yang bersebelahan juga bisa menyebabkan kerusakan pada speaker. Sehingga hanya menyisakan satu speaker yang bisa berfungsi. Cara mengatasi headphone mati adalah dengan mengecek kondisi speaker internal.

Jika ada kabel yang putus pada chip, langkah selanjutnya adalah menyambungkannya dengan timah dan solder. Ini harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Jika proses pairing sudah selesai, Anda bisa mematikan speaker secara perlahan agar tidak putus.

3. Hubungkan ke perangkat komputer

Kerusakan pada headphone dapat disebabkan oleh lingkungan audio yang buruk. Untuk mengatasinya, Anda bisa langsung masuk ke pengaturan audio dan mengubah output audio dari stereo menjadi mono.

Bagi pengguna Windows, cukup klik Settings pada menu Start, pilih Ease of Access, dan pilih Audio hingga muncul halaman Audio Settings. Langkah selanjutnya silahkan geser switch ke kanan untuk mengubah stereo menjadi mono, lalu uji kembali headphone tersebut dengan memutar musik di komputer.

4. Periksa konektor 3,5 mm

Konektor merupakan salah satu bagian penting pada headset, sehingga jika konektor tersebut dicabut maka headset akan mati karena tidak dapat menghasilkan bacadisini.web.id. Membeli konektor 3,5 mm baru bisa menjadi solusi efektif. Setelah itu, sambungkan konektor secara hati-hati dengan kabel dan selotip.

Pastikan tidak ada bagian yang rusak saat menggunakannya untuk menghindari sengatan listrik. Dalam hal ini, Anda memang perlu melakukannya dengan sangat hati-hati agar headphone tidak rusak total dan dapat digunakan kembali.

5. Lepas jack 3,5 mm

Mungkin salah satu penyebab headphone kamu mati adalah karena jack headphone yang kotor. Soket headphone adalah sambungan antara headphone dan perangkat. Jika terkena kotoran, debu, atau air karena diletakkan di suatu tempat, dapat menyebabkan headphone tidak berfungsi dengan baik.

Anda bisa menggunakan kapas untuk membersihkan earphone. Pastikan tidak ada kapas yang tersisa. Disarankan juga menggunakan bola kapas yang telah diberi alkohol, namun pastikan untuk tidak terlalu membasahinya, karena jack headphone dapat berkarat.

Berikut cara memperbaiki headphone mati. Temukan gadget dan aksesoris lengkapnya di AladinMall. Nikmati gratis ongkos kirim sepuasnya dan promo belanja hemat lainnya dengan mendownload aplikasi AladinMall di Play Store dan App Store. Jangan lupa kunjungi Blog AladinMall untuk informasi lebih lanjut, tips dan review produk kebutuhan Anda.

Hari ini pukul 17.30 WIB ada harga spesial AladinMall di RCTI+. Ayo bergabung dan beli sebanyak yang kamu mau selama jeda promo!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.