Apple Gulirkan iOS 17.4 Versi Beta, Buka Akses Download Aplikasi di Luar App Store

oleh -14 Dilihat
oleh
apple gulirkan ios 17 4 versi beta buka akses download aplikasi di luar app store 2b14120

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Apple dikabarkan merilis versi beta iOS 17.4 untuk penguji beberapa hari lalu. Versi beta iOS ini diluncurkan tak lama setelah perusahaan merilis iOS 17.3 untuk pengguna iPhone.

Menurut CNET, Jumat (1/2/2024), iOS 17.4 versi beta ini memperkenalkan beberapa fitur baru. Bahkan bagi pengguna di Uni Eropa, Apple melakukan beberapa perubahan yang sangat penting.

Perubahan yang dimaksud adalah pengguna iOS atau beta tester bisa mengunduh toko aplikasi alternatif, App Store, termasuk aplikasi pihak ketiga. Selain itu, pengguna juga dapat mengatur aplikasi defaultnya.

Perhatikan bahwa Apple memang telah mengumumkan kepatuhan terhadap Undang-Undang Pasar Digital UE.

Salah satu bentuk kompatibilitasnya adalah Apple tidak menjadikan App Store sebagai satu-satunya toko aplikasi yang tersedia bagi pengguna.

Perubahan ini rencananya akan diterapkan melalui iOS 17.4 yang akan dirilis untuk pengguna UE pada April 2024. Belum diketahui apakah fitur ini juga tersedia untuk konsumen global.

Tidak hanya itu, iOS beta terbaru juga memperkenalkan opsi pembayaran bagi pengguna yang melakukan transaksi dalam aplikasi. Fitur ini juga disediakan sesuai dengan peraturan DMA UE.

Dengan pembaruan beta ini, Apple juga telah memperkenalkan lebih dari 100 emoji untuk pengguna iPhone. Beberapa emoticon tersebut berupa kepala yang bergerak ke atas dan ke bawah, ke kiri dan ke kanan.

Ternyata versi beta ini menghadirkan sejumlah fitur baru pada fitur anti maling di iPhone.

Perlu diingat bahwa mengingat ini masih versi beta, Apple mungkin melakukan beberapa penyesuaian atau perubahan sebelum tersedia untuk lebih banyak pengguna.

Sebagai referensi, pengguna iPhone akan mendapatkan 118 emoji baru. Dengan pembaruan iOS 17.4, ratusan emoji hadir.

118 emoji ini sebelumnya tersedia di iOS 17.4 beta yang dirilis Kamis, 25 Januari lalu.

Saat ini, ikon warna-warni ini hanya tersedia untuk pengembang iPhone. Namun pengguna iPhone akan mendapatkannya pada bulan Maret.

Rilis publik iOS 17.4 diperkirakan akan dirilis Apple pada Maret 2024. Mengutip Cnet, Selasa (30/1/2024), beberapa emoji berikut adalah Phoenix, jamur coklat, jeruk nipis, dan emoji rantai putus.

Sedangkan emoticon lainnya merupakan variasi dari emoticon yang sudah ada. Misalnya saja dengan warna kulit yang berbeda atau sekedar tampilan wajah yang menghadap ke arah yang berbeda.

Emoji iPhone khusus mencakup berjalan, berlari, berlutut, menggunakan kursi roda, dan menggunakan tongkat putih.

Ada juga empat emoji baru yang mewakili kelompok keluarga tanpa batasan gender. Namun sejak versi beta, pengguna tidak bisa menemukan emoticon baru ini di keyboard pengguna.

Apple, di sisi lain, diketahui mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga di iOS untuk pertama kalinya di UE. Hal ini untuk memenuhi ketentuan Undang-Undang Pasar Digital yang berlaku pada blok tersebut.

Dengan adanya perubahan pada iOS 17.4 pada bulan Maret, App Store tidak lagi menjadi satu-satunya distributor atau toko aplikasi yang diberi wewenang oleh Apple.

Menurut The Verge, pada Senin (29/1/2024), pengguna iOS 17.4 di UE akan dapat mengunduh “pasar aplikasi alternatif” dari situs pasar tersebut.

Namun, toko aplikasi masih perlu mendapatkan izin dari Apple untuk dapat digunakan di iPhone, dan setelah diunduh, pengguna harus memberikan izin untuk mengunduh aplikasi tersebut ke perangkat.

Setelah toko aplikasi disetujui dan diinstal pada perangkat, pengguna dapat mengunduh aplikasi apa pun yang mereka inginkan, bahkan aplikasi yang melanggar pedoman App Store.

Pengguna juga dapat mengatur non-App Store sebagai toko aplikasi default di perangkat mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.