bacadisini.web.id – PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) berencana meluncurkan sepeda motor baru dalam enam hari ke depan. Produk baru yang diluncurkan diklaim adalah All New Yamaha Airlock Turbo. Sejak Yamaha NMAX Turbo hadir di Indonesia, motor keluarga maxi lain yang menggunakan teknologi serupa pun ramai dibicarakan, dan salah satu pesaing utamanya adalah Aerox. Memang belum dijelaskan secara detail produk baru yang akan diluncurkan minggu depan, namun sudah mendapat undangan resmi dari bacadisini.web.id Otomotif, pembuat logo garpu tala tersebut, menjelaskan bahwa pihak pabrikan akan mengadakan pertemuan dengan media mengenai hal tersebut. produk. “Kami PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing mengundang awak media dalam rangkaian acara konferensi pers produk Yamaha yang akan digelar pada Rabu, 18 Desember 2024,” bunyi pernyataan tertanggal 12 Desember 2024 itu. , Beberapa bikers dan influencer sepeda motor hebat ramai membahas keberadaan Aerox Turbo, dan desain depannya menjadi lebih sporty dengan lampu depan yang lebih sipit. Teknologi yang dipasang pada NMAX baru ini adalah dilengkapi turbo angle dengan menggunakan teknologi sistem transmisi otomatis. Roller sudah tidak digunakan lagi, pulley depan digerakkan secara elektrik dengan dinamo, dan teknologinya disebut Y-ECVT. Berkat teknologi ini, cara katrol membuka dan menutup ruang untuk mengendurkan dan mengencangkan bangbell sangat otomatis. Maka tak heran jika dibuat lebih lebar agar pas di bagian pinggang. Vanbelt yang digunakan pada NMAX Turbo lebih lebar 0,8 milimeter dibandingkan model NMAX non-turbo seperti Neo, Aerox, atau Lexi LX 155. Turbo dibagi menjadi tiga level: rendah, sedang, dan tinggi, dan dapat diatur secara manual menggunakan tombol Y-Shift. Selain itu, terdapat fitur dual drive mode atau YECVT untuk memaksimalkan tenaga. Mode T sendiri memiliki karakteristik berkendara yang lebih mulus, sedangkan mode S terasa lebih agresif saat berakselerasi. Pada saat yang sama, jika pengguna beralih dari mode T ke mode S selama berkendara terus menerus, kecepatan mesin akan meningkat 500-1000 rpm. Jantung mesinnya sama dengan motor matic terbaru Yamaha, Lexi LX155, sehingga torsinya sedikit lebih tinggi. Mesin 155cc SOHC satu silinder memiliki 4 katup dan memiliki kompresi ruang bakar 11,6. Sangat tangguh untuk mesin sepeda motor matic, memiliki ukuran piston 58 mm dan langkah 58,7 mm, serta tetap mempertahankan sistem buka/tutup katup VVA (Variable Valve Actuation). Tenaga yang dihasilkan mesin injeksi sebesar 15,1 hp pada putaran 8000 rpm. Torsi pada 6.500rpm adalah 14,2Nm. Artinya, secara teori performa NMAX Turbo tidak bisa dibedakan dengan Lexi LX. Harga Yamaha Nmax Turbo mengalami kenaikan di awal tahun, paling mahal Rp 46 jutaan, dan pada 6 Januari 2025 Yamaha Nmax Turbo mendapat kenaikan harga yang cukup signifikan. bacadisini.web.id.co.id 6 Januari 2025