bacadisini.web.id.COM – Kunci Jawaban Topik 8 Kelas 6 SD Halaman Lihat 42 43 Sub Topik 1 Pelajari 5 Buku Topik Kurikulum 2013. dalam artikel ini.
Subtopik 1 pada topik 8 kelompok 6 buku tema sekolah dasar adalah perbedaan waktu dan pengaruhnya.
Pelajaran 5 dibahas pada halaman 42, 43, 44, 45, 46, 47, 48.
Kunci jawaban berikut ini ditujukan bagi orang tua atau wali sebagai pedoman dalam mengoreksi hasil belajar anak.
Sebelum siswa melihat kunci jawabannya, mereka harus menjawab sendiri terlebih dahulu. Kunci Jawaban Topik 8 Kelompok 6 Pendidikan Dasar Page 42 43 Subtopik 1 Pembelajaran 5 Buku Dagang Silabus 2013 Soal:
Baca fakta ilmiah dari gambar di atas!
1. Bumi membuat orbit atau orbit berbentuk elips ketika berputar mengelilingi Matahari, yang disebut revolusi.
2. Jalur atau orbit ini membutuhkan waktu satu tahun untuk satu kali revolusi.
3. Sepanjang tahun, belahan bumi utara dan belahan bumi selatan bergantian menghadap matahari sehingga terjadi perbedaan musim.
4. Akibat revolusi bumi mengelilingi matahari, negara-negara di belahan bumi utara dan selatan mengalami perubahan musim setiap tiga bulan sekali. Kanada berada di belahan bumi utara, sedangkan Argentina berada di belahan bumi selatan. Saat matahari menghangatkan bagian selatan bumi, Argentina mengalami musim panas. Sebaliknya, negara-negara belahan bumi utara seperti Kanada mengalami musim dingin.
Berdasarkan gambar di halaman sebelumnya dan globe yang Anda miliki, lengkapi tabel musim di bawah ini untuk Belahan Bumi Utara dan Selatan! menjawab:
Waktu Belahan Bumi Utara 21 Juni – 23 September Musim Semi 22 Desember – 21 Maret Musim Gugur Ayo Coba
Saatnya mempraktekkan gerak bumi mengelilingi matahari yang disebut dengan revolusi bumi. KUNCI JAWABAN Topik 8 Kelompok 6 SD Halaman 42 43 44 45 46 47 48 Topik Buku Pelajaran 1
1. Jadikan orbit bumi berbentuk elips (seperti terlihat pada gambar) dan matahari sebagai pusat lapangan sekolahmu!
2. Gunakan bola dunia dan senter untuk membantu!
3. Siswa di tengah memegang senter dan berperan sebagai matahari.
4. Siswa lain memegang bola bumi dan berperan sebagai Bumi.
5. Siswa yang menjadi Bumi akan mengelilingi Matahari sesuai orbit yang dibentuk oleh perputaran bola yang dibawanya. Siswa juga dapat memutar seperti bola dunia yang dipegangnya.
6. Cara memutarnya seperti pada gambar (berlawanan arah jarum jam).
7. Saat Anda berpindah dari satu titik ke tiga titik lainnya, jelaskan musim yang terjadi di belahan bumi utara dan belahan bumi selatan!
• Perhatikan juga posisi pupil yang berputar (bumi) relatif terhadap senter (matahari) • Apakah jarak antara teman bumi dan teman matahari Anda selalu sama?
Ukur jarak A dari keempat titik yaitu B1, B2, B3 dan B4. Catatlah hasil pengukuran jarak anda pada tabel di bawah ini!
Posisi A ke B3A ke B2 Jarak Sama Seperti Jarak A Ke B4A Ke B3 Sama Dengan Jarak A Ke B1A Ke B4 Sama Dengan Jarak A Ke B2
• Apa yang dapat Anda simpulkan tentang bentuk orbit bumi dari pengukuran jarak di atas?
Menjawab:
Kesimpulan yang dihasilkan adalah orbit bumi berbentuk elips dan ketika mengelilingi matahari mempunyai jarak yang sama. *) Penafian:
Artikel ini semata-mata ditujukan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.
Pertanyaan-pertanyaan di atas seringkali merupakan pertanyaan terbuka.
Artinya masih ada beberapa alternatif jawaban lain yang tidak terjaring seperti di atas.
(bacadisini.web.id.com, Andari Ulan Nugrahani)