Enam Jenis Aplikasi yang Penting Dipakai Saat WFH

oleh -6 Dilihat
oleh
enam jenis aplikasi yang penting dipakai saat wfh dc0aa15

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA — Bekerja dari rumah atau yang dikenal dengan istilah bekerja dari rumah (WFH) memiliki sejumlah keunggulan. WFH menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke kantor. Jadwal kerja bisa fleksibel, serta kebebasan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman.

Pada saat yang sama, terdapat banyak tantangan untuk mempertahankan produktivitas dan profesionalisme. Misalnya, tetap teratur dan fokus pada semua hal lain di sekitar rumah.

Penting untuk membekali diri Anda dengan “alat” yang tepat agar tantangan ini tidak menghalangi kinerja. SlashGear, Sabtu (23/3/2024) mencantumkan enam aplikasi yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang WFH.

1. Aplikasi komunikasi dan kolaborasi

Bekerja sendiri maupun dalam tim, setiap karyawan membutuhkan aplikasi komunikasi. Misalnya, aplikasi perpesanan untuk mengoordinasikan pengiriman file pekerjaan, konferensi video, dan kolaborasi dokumen real-time.

Banyak kantor menggunakan WhatsApp dan Telegram. Aplikasi rapat jarak jauh seperti Skype, Zoom, atau Google Meet juga harus tersedia di ponsel atau perangkat lain Anda. Ketiganya sangat memudahkan dalam mengatur pertemuan dan diskusi dalam kelompok besar.

2. Manajemen tugas

Jika Anda bekerja dari rumah dan harus berurusan dengan banyak klien atau tugas, Anda perlu memiliki sistem untuk menjaga diri dan alur kerja Anda tetap sehat. Jika tidak, batasan antar tugas mungkin kabur dan tenggat waktu bisa meleset. Tentu saja hal ini harus dihindari.

Alat manajemen tugas yang baik dapat membantu Anda memecah proyek besar menjadi tugas harian yang lebih kecil dan dapat dikelola. Aplikasi populer untuk ini adalah Notion, yang mencakup catatan, database, kalender, pelacakan tugas, dan banyak lagi.

3. Manajemen file

Tidak ada seorang pun yang ingin kehilangan atau salah meletakkan file atau file penting di ruang kerja online. Oleh karena itu, penting untuk memastikan kemudahan akses ke dokumen, presentasi, dan file penting lainnya melalui sistem manajemen file online.  

Aplikasi seperti Dropbox dan Google Drive membantu karyawan WFH menyimpan, berbagi, dan bekerja dengan file secara terstruktur. Pengguna dapat mengakses file dari perangkat kapan saja dan melacak perubahan pada dokumen.

Manajemen waktu…

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.