Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 256 257 258 Kurikulum Merdeka, Eksplorasi 4.13

oleh -5 Dilihat
oleh
kunci jawaban matematika kelas 9 halaman 256 257 258 kurikulum merdeka eksplorasi 4 13 9cb097e

bacadisini.web.id.COM – Berikut kunci jawaban belajar mandiri matematika kelas 9 pada halaman 256, 257 dan 258.

Halaman ini terletak di Bab 4, Pemilihan Fitur dan Model.

Pada halaman 256, 257 dan 258 siswa diminta menyelesaikan Pelajaran 4.13 Memilih sampel. Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 256 Program Belajar Mandiri

Investigasi 4.13 Pemilihan model

Ahmad, Paulina dan Sondang ingin mengetahui jarak sekolah dan rumah mereka.

1. Identifikasi populasi permasalahan yang ingin dijawab oleh Ahmad, Paulina, dan Sondang.

Jawaban: Warganya seluruhnya adalah siswa sekolah tersebut

2. Karena Ahmad, Paulina, dan Sondang kesulitan mengumpulkan data populasi, mereka memutuskan untuk mengumpulkan data sampel saja. Sebelum mereka bertiga memilih siswa dari sekolahnya sebagai panutan, berikan pesan kepada mereka bagaimana cara memilih panutan yang baik.

Jawaban: Jawabannya bermacam-macam.  Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 257 Program Belajar Mandiri

3. Contoh data yang diperoleh Ahmad ditunjukkan pada grafik batang pada Gambar 4.29.

A. Berdasarkan Gambar 4.29, tinggi batang pada 2,0 adalah 2. Apa maksudnya?

Jawaban : Artinya ada dua orang siswa yang rumahnya berjarak 2 km dari sekolah.

B. Berapa banyak siswa yang menjadi sampel Ahmad?

Jawaban: Jumlah sampel Ahmad adalah 40.

C. Apa yang dimaksud dengan data sampel Ahmad? Maksudnya itu apa?

Jawaban: Rata-rata 2,7025. Kunci Jawaban Matematika Kelas 9 Halaman 258 Program Belajar Mandiri

4. Gambar 4.30 di bawah ini menunjukkan contoh data yang diperoleh Paulina.

A. Berapa banyak siswa yang menjadi sampel Paulina?

Jawaban: Paulina mempunyai ukuran sampel 30.

B. Apa maksud dari data sampel Paulina? Maksudnya itu apa?

Jawaban: Nilai rata-ratanya adalah 1,4267 (dibulatkan menjadi empat angka desimal).

5. Contoh data yang diperoleh probe ditunjukkan pada Gambar 4.31.

A. Berapa banyak siswa yang dijadikan sampel?

Jawaban: Besar sampel Sondang adalah 8

B. Tentukan mean dari data sampel Sondang! Maksudnya itu apa?

Jawaban: Rata-ratanya adalah 1,175

6. Populasi sampel Ahmadi, Paulina dan Sondang ditunjukkan pada Gambar 4.32. Berdasarkan Gambar 4.32, jumlah siswa di sekolah tersebut adalah 450 orang dan rata-rata jarak tempat tinggal dari sekolah tersebut adalah sekitar 1,36 km. (Akan kami buktikan!) Berdasarkan informasi tersebut, menurut Anda siapakah teladan yang paling baik? Mengapa?

Jawaban: Salah satu cara untuk menentukan baik atau tidaknya suatu sampel adalah seberapa dekat mean sampel dengan mean populasi. Dengan kriteria tersebut, sampel Paulina merupakan sampel terbaik, sedangkan sampel Ahmad bukan (walaupun terbesar).

Sampel yang baik adalah sampel yang sebarannya menyerupai populasi. Berdasarkan kriteria tersebut dapat dikatakan model Paulina dan model Sondang lebih baik, walaupun dimensi kedua model lebih kecil dibandingkan model Ahmad.

*) Penafian: 

– Artikel ini hanya diperuntukkan bagi orang tua untuk membimbing proses belajar anaknya.

– Sebelum melihat kunci jawabannya, siswa harus menjawab sendiri terlebih dahulu kemudian menggunakan artikel ini untuk mengoreksi pekerjaan siswa.

(bacadisini.web.id.com/Widya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.