bacadisini.web.id.com – PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali mendorong klien PNM untuk berlatih membantu mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).
Pada tanggal 20 hingga 22 Mei 2024, sebanyak 14 top customer PNM Mekaar dari berbagai daerah melakukan studi benchmarking di Rumah Produksi Maja Dendeng, Aase untuk meningkatkan edukasi pelanggan dan pengetahuan baru dalam dunia olahan daging sapi.
Dalam sesi edukasi dan praktik, konsumen diberikan edukasi mengenai variasi dan kualitas daging yang baik oleh M Husni. Pelanggan terpilih diajarkan untuk mengikuti aturan kebersihan dan sanitasi dalam daging yang mereka proses.
Selain itu, pelanggan dilatih dalam menyembelih, membumbui, dan mengasinkan daging. Pengeringan daging secara manual dengan menggunakan sinar matahari, suhu yang memadai untuk mengeringkan daging, pengemasan dan penyimpanan produk yang baik juga tidak kalah pentingnya.
Sekretaris Perusahaan PNM L. Dodot Patria Ari mengatakan penelitian komparatif merupakan salah satu bekal intelektual yang diberikan oleh PNM. Alasan PNM 3 merupakan perusahaan keuangan non bank yang memberikan modal usaha.
“PNM memberikan modal finansial, intelektual, dan sosial. Jadi kita tidak mencoba menjatuhkan nasabah dengan memberikan uang, tapi kita mendampingi mereka sampai mereka datang ke kelas,” ujarnya.
Kajian benchmarking ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan PNM serta meningkatkan pengetahuan baru mengenai olahan daging sapi sehingga peserta terpacu untuk meningkatkan usahanya naik kelas.
“Semakin banyak informasi yang diberikan oleh PNM, maka semakin besar pula potensi usaha kliennya sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga mulai dari rumah tangga miskin hingga pelaku usaha ultra mikro,” ujarnya.
PNM mengadakan program penelitian banding mulai tahun 2022 melalui #PencarianLangkah Baru dengan tema program PKU (Pengembangan Keterampilan Bisnis). Hingga saat ini, kami memiliki sekitar 200 klien yang telah mendapatkan pelatihan khusus untuk sektor bisnisnya.
Ayu Putri Ekwathi, Manajer Pelanggan Grup Cabang PNM Tangerang, mengucapkan terima kasih kepada PNM yang telah memberikan begitu banyak ilmu dalam pengolahan daging sapi.
“Dengan mengikuti kegiatan penelitian banding ini, semoga bisa meningkatkan kelas bisnis dan menambah inovasi-inovasi baru dalam usaha saya. Selamat mencoba untuk seluruh nasabah PNM. Ayo terus ikuti PKM (Pertemuan Kelompok Mingguan) agar kita bisa meraih juara. banyak informasi yang akan mengembangkan semua bisnis kami.”
PNM terus mendorong klien untuk memperoleh pengetahuan baru untuk mengembangkan usaha klien di setiap sektor usaha melalui kegiatan penelitian komparatif yang ditawarkan PNM sehingga klien dapat mengembangkan usahanya dengan berbagai cara seperti pemberdayaan.
PNM adalah organisasi yang membiayai dan membantu perempuan kurang beruntung melalui sektor usaha ultra mikro di Indonesia. PNM tidak hanya memberikan modal usaha tetapi juga memberikan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kualitas produk. Hingga saat ini, terdapat 15,2 juta pelanggan PNM di seluruh Indonesia.