Jawaban PMM, Hal Apa yang Sebaiknya Anda Lakukan untuk Mendorong Siswa Berani Mengambil Risiko?

oleh -5 Dilihat
oleh
jawaban pmm hal apa yang sebaiknya anda lakukan untuk mendorong siswa berani mengambil risiko 5caecaf

bacadisini.web.id.COM – Apa yang harus dilakukan untuk mendorong siswa mengambil risiko di kelas? Berikut contoh jawaban pertanyaan mengenai Platform Belajar Merdeka (PMM).

Guru akan menemukan contoh soal di atas ketika menjawab Soal Belajar Mandiri Modul 1 di PMM.

Atas pertanyaan ini, Bapak/Ibu.

Contoh jawaban pada artikel ini hanya sebagai panduan bagi guru yang kesulitan menjawab pertanyaan seperti di atas saat menyelesaikan PMM.

Dengan PMM, guru dapat mengambil isyarat pembelajaran, menyesuaikan pengajaran dengan kemampuan siswa, dan berpartisipasi dalam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas guru. Apa yang harus dilakukan untuk mendorong siswa mengambil risiko di kelas?

Menjawab:

Sebagai seorang guru, saya melakukan hal berikut untuk membantu siswa berani mengambil risiko:

1. Ciptakan lingkungan yang mendukung:

Saya menciptakan lingkungan kelas yang aman dan mendukung di mana siswa merasa nyaman bereksperimen dan mencoba hal-hal baru tanpa takut akan hukuman atau disiplin yang berlebihan.

2. Beri diri Anda sebuah contoh:

Saya menunjukkan kepada siswa bahwa mengambil risiko adalah bagian dari proses pembelajaran dan pengembangan. Saya juga berbagi pengalaman pribadi saya tentang bagaimana mengambil risiko membantu saya berkembang.

3. Untuk tugas yang berat:

Memberikan tugas atau proyek yang menantang namun dapat diselesaikan oleh siswa dengan lebih banyak usaha dan eksperimen. Hal ini akan mendorong mereka untuk menemukan solusi kreatif dan mencoba metode yang berbeda.

4. Berikan umpan balik yang berarti:

Ketika siswa mencoba sesuatu yang baru atau berisiko, saya memberikan umpan balik yang bermanfaat dan membangun. Dorong mereka untuk melihat kegagalan sebagai kesempatan untuk belajar dan bukan sebagai hal negatif.

5. Ajak diskusi dan refleksi:

Saya berbicara dengan siswa tentang manfaat mengambil risiko dan konsekuensi tindakan mereka. Setelah itu, saya mengajak mereka untuk memikirkan tentang apa yang telah mereka pelajari dari pengalaman tersebut.

6. Membangun rasa percaya diri:

Saya membantu siswa membangun rasa percaya diri dengan memberikan dukungan dan pujian ketika mereka mengambil risiko dan berhasil mengatasi tantangan.

7. Mengembangkan keterampilan pemecahan masalah:

Saya mengajarkan siswa keterampilan pemecahan masalah yang memungkinkan mereka merencanakan dan menilai risiko.

*) DISCLAIMER: Jawaban di atas hanya dijadikan contoh apabila guru mempunyai pertanyaan yang sama di Platform Merdeka Mengajar. Guru dapat Bapak/Ibu.

(bacadisini.web.id.com/Yunita Rahmayanti)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.