Ramai Warganet Pertanyakan Kapan Lebaran, Besok atau 11 Maret?

oleh -14 Dilihat
oleh
ramai warganet pertanyakan kapan lebaran besok atau 11 maret 1867193

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Pemerintah belum menetapkan tanggal Idul Fitri. Mengenai hal ini, banyak netizen di media sosial

Dilanjutkan Tekno bacadisini.web.id.com, Selasa (9/4/2024) Banyak netizen yang bingung dengan persiapan Idul Fitri. Sebagian orang bingung kapan harus memasak menu lebaran dan kapan harus pulang.

“Kapan Idul Fitri?” Tulis @Riva***

“Jadi pemerintah kapan Idul Fitri? Besok tanggal 11?” tanya @itsdan***

@daff*** menulis “Benarkah Idul Fitri? Jangan jadi kaya kalau masak yang tahu itu bukan Idul Fitri”

@suga ***Hari apa yang kamu lewatkan?

Netizen lainnya @orfa*** bertanya, “Kapan kabar Idul Fitri datang?”

“Kapan Idul Fitri? Apakah besok?”

Rencananya Kementerian Agama akan mengumumkan hasil masa Isbat yang ditetapkan pada Idul Fitri 1 Syawal 1445 H pada Selasa (9/4/2024).

Isbat Idul Fitri 2024 digelar di Aula H.M Rasjidi Kementerian Agama Jl. M.H. Thamrin, Jakarta Pusat mulai pukul 17.00 WIB.

 

Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Pembina Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, sidang isbat digelar secara tertutup.

Rapat tersebut akan dihadiri panitia VIII DPR RI, pimpinan MUI, duta besar negara sahabat, perwakilan umat Islam, dan Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Biasanya Isbat Syawal pertama dilaksanakan pada tanggal 29 Ramadhan. Tahun ini jatuh pada tanggal 9 April 2024, kata Kamaruddin di Jakarta.

Sidang isbat akan diawali dengan seminar penjelasan kedudukan Hilal oleh Hisab Rukyat Kementerian Agama.

Berdasarkan data yang dihitung, ijtima terjadi pada hari Selasa tanggal 29 Ramadhan 1445 H / 9 April 2024 M sekitar pukul 01.20 WIB.

Saat matahari terbenam, ketinggian bulan sabit di seluruh Indonesia berada di atas ufuk antara 4°52.71′ (empat derajat lima puluh dua koma tujuh puluh satu menit) hingga 7°37.84′ (tujuh derajat tiga puluh tujuh koma delapan puluh empat menit) dan . Sudut membentang 8°23.68′ (delapan derajat, dua puluh tiga titik, enam puluh delapan menit) hingga 10°12.94′ (sepuluh derajat, dua belas titik, sembilan puluh empat menit).

Menurut standar MABIMS (Kementerian Agama Brunei, Indonesia, Malaysia dan Singapura), posisi hilal yang dimaksud sesuai dengan kriteria melihat hilal (Imkanur Rukyat) adalah ketinggian hilal. Ditambahkannya: sudutnya 3 derajat dan sudut panjangnya 6,4 derajat.

 

Kemenag menyebut Dirjen juga akan memantau hilal atau rukyatulhilal di provinsi.

“Untuk rapat Isbat awal Syawal, Kemenag akan mengirimkan tim ke 120 lokasi di seluruh Indonesia. Mereka akan melaporkan bahwa hilal bisa terlihat pada hari itu.”

Hasil perhitungan dan rukyatulhilal ini akan dibahas dan ditetapkan pada bagian isbat.

“Jadi setiap Idul Fitri kita masih menunggu keputusan era isbat. Hasilnya akan diumumkan secara publik melalui konferensi pers,” jelasnya.

 

Kamaruddin menjelaskan, pelaksanaan era isbat merupakan keputusan hukum formal. Dasar hukum sidang isbat diatur dalam Pasal 52 A Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

Pasal ini menyebutkan bahwa pengadilan agama memberikan kesaksian isbat rukyat hilal dalam menentukan awal bulan pada tahun Hijriah.

“Meski semua orang mengetahui letak hilal, namun era isbat tetap dirayakan karena era isbat tidak hanya menjadi wadah resmi, tetapi juga wadah silaturahmi dan literasi.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.