Metabolisme-Kadar Hormon Mulai Berubah di Usia 30-an, Coba Rutinkan Jenis Olahraga Ini

oleh -7 Dilihat
oleh
metabolisme kadar hormon mulai berubah di usia 30 an coba rutinkan jenis olahraga ini 8c37530

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA — Menginjak usia 30 kerap dianggap sebagai titik balik penting dalam kehidupan seseorang, terutama dalam hal kesehatan fisik. Meskipun perubahan ini mungkin tidak terlihat dalam semalam, metabolisme tubuh Anda, kadar hormon, dan kebugaran secara keseluruhan mungkin mulai berubah secara bertahap.

Jangan khawatir. Olahraga bisa menjadi senjata rahasia Anda untuk merasa kuat, sehat, dan hebat di usia 30-an.

Mengapa penting untuk berolahraga setelah usia 30?

Menurut Rahul Tarf, personal trainer dan binaragawan, saat pria mencapai usia 30 tahun, kadar testosteron mulai menurun. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya massa otot dan penurunan kepadatan tulang.

“Olahraga berperan seperti pahlawan karena dapat meningkatkan kadar testosteron, meningkatkan kepadatan tulang, dan juga berperan sebagai agen anti penuaan,” kata Tarf seperti dikutip Indian Express, Kamis (29 Februari 2024).

Pada wanita, menopause dapat menyebabkan penurunan kadar estrogen, sehingga memengaruhi kepadatan tulang dan meningkatkan risiko jenis kanker tertentu. Seperti yang dijelaskan Tarf, olahraga adalah penyelamat bagi wanita, membantu mempercepat metabolisme, meningkatkan kepadatan tulang, dan membuat mereka merasa muda dan energik.

Tiga Jenis Latihan Penting untuk Dicoba

Baik Anda pria atau wanita, memiliki rutinitas olahraga yang menyeluruh adalah kuncinya. Berikut beberapa latihan yang direkomendasikan oleh Tarf:

1. Kardio

Usahakan untuk melakukan kardio 150 hingga 300 menit per minggu. Ini bisa berupa jalan cepat, joging, berenang, menari, atau aktivitas lain apa pun yang meningkatkan detak jantung dan membuat Anda bergerak setidaknya selama 30 menit, setidaknya dua atau tiga kali seminggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.