Otak Juga Butuh Olahraga, Ini 4 Latihan untuk Tingkatkan Ingatan dan Kemampuan Mental

oleh -8 Dilihat
oleh
otak juga butuh olahraga ini 4 latihan untuk tingkatkan ingatan dan kemampuan mental ed31da5

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Sama seperti tubuh yang membutuhkan olahraga untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Otak juga membutuhkan olahraga untuk meningkatkan fungsi dan kemampuannya.

Otak merupakan organ yang kompleks dan penting bagi manusia. perhatian memori, Ini bertanggung jawab atas beberapa fungsi penting, seperti kemampuan belajar dan pengambilan keputusan.

Seiring bertambahnya usia, fungsi otak bisa menurun.

Namun kabar baiknya adalah kemunduran ini dapat dicegah dan bahkan dibalik dengan pelatihan otak yang tepat.

Senam otak, seperti halnya olah raga, meningkatkan aliran darah ke otak, merangsang pertumbuhan sel-sel otak baru, dan memperkuat hubungan antar sel otak.

Oleh karena itu, pelatihan otak meningkatkan daya ingat, perhatian, serta dapat meningkatkan pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis.

Inc Reporting Berikut 4 latihan otak yang mudah dan bermanfaat untuk meningkatkan daya ingat dan keterampilan mental Anda: 1. Pelajari hal-hal baru.

Menjaga otak Anda tetap waspada membutuhkan dedikasi, namun manfaatnya signifikan. Salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan terus menantang otak Anda dengan mempelajari hal-hal baru.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menunjukkan bahwa orang lanjut usia yang mempelajari keterampilan baru, seperti fotografi digital, mengalami peningkatan memori yang signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol yang berpartisipasi dalam aktivitas rekreasi.

Peningkatan daya ingat ini masih terlihat setahun kemudian.

Belajar bahasa asing; Melakukan hobi baru, seperti memainkan alat musik atau mencari hobi baru, bermanfaat tidak hanya untuk menantang diri Anda secara intelektual, tetapi juga untuk meningkatkan keterampilan dan kesehatan otak Anda.

Dengan proses belajar dan pengembangan diri ini, otak Anda akan mendapatkan segala manfaatnya.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang aktif secara sosial memiliki ingatan yang lebih baik dibandingkan mereka yang menghabiskan banyak waktu sendirian.

Karena sosialisasi dapat meningkatkan plastisitas otak; Hal ini disebabkan oleh kemampuan otak untuk berubah dan beradaptasi. Seiring bertambahnya usia, plastisitas otak sangat penting untuk menjaga kesehatan fungsi otak.

Dengan tetap aktif secara sosial, kita tidak hanya dapat membangun hubungan yang lebih bermakna dan mendalam dengan orang lain, namun juga meningkatkan daya ingat dan kesehatan mental.

Oleh karena itu, keluarga penting meluangkan waktu untuk bersosialisasi dengan teman atau orang lain di masyarakat.

Clubbing Anda dapat berpartisipasi dalam aktivitas sosial yang Anda sukai, seperti menghadiri acara komunitas atau mengobrol dengan tetangga Anda.

Menjaga hubungan sosial yang sehat dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan otak dan mental Anda.

Siapa sangka menggunakan tangan nondominan bisa meningkatkan kekuatan otak?

Hal inilah yang ditulis oleh ahli neurobiologi Lawrence Katz dalam bukunya “Keep Your Brain Alive: 83 Neurobic Latihan untuk Mencegah Kehilangan Memori dan Kebugaran Mental.”

Menurut Katz, menggunakan tangan yang berlawanan dengan kebiasaan kita dapat menantang otak dan memaksanya bekerja lebih keras. Dapat meningkatkan aktivitas otak dan meningkatkan kekuatan kognitif.

Makan Anda bisa mencoba latihan ini menggunakan tangan nondominan Anda saat menulis atau melakukan aktivitas sehari-hari lainnya.

Mungkin terlihat sulit pada awalnya, namun jika Anda terus berlatih, Anda akan mulai merasakan manfaatnya bagi otak Anda.

Latihan ini mungkin tampak sederhana, namun dampaknya sangat besar. Otak yang terlatih memberi Anda ingatan yang lebih tajam. Ini akan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik dan berpikir lebih kritis.

Lari yang mungkin terkesan monoton dan berulang-ulang bagi sebagian orang, ternyata mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan otak.

Berlari meningkatkan konsentrasi; Ini telah dikaitkan dengan beberapa manfaat kognitif, seperti mempertajam pemikiran dan kemampuan kognitif.

Amerika Serikat, Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Arizona membandingkan otak para pelari jarak jauh yang kompetitif dengan mereka yang tidak berolahraga. Hasilnya menunjukkan bahwa otak pelari lebih aktif dibandingkan otak non-pelari, khususnya di bidang fungsi kognitif.

Rencana koridor; melakukan banyak tugas; Mereka menunjukkan peningkatan aktivitas otak di area yang berhubungan dengan pengambilan keputusan dan pemrosesan.

Di sisi lain, otak orang yang bukan pelari menunjukkan aktivitas yang lebih sedikit di area tersebut.

Temuan ini menunjukkan bahwa lari adalah cara efektif untuk meningkatkan kesehatan otak dan kognisi.

Perhatian, Bagi yang ingin mempertajam daya pikir dan kecerdasannya. Cobalah untuk memasukkannya ke dalam rutinitas Anda.

Ingat, Anda tidak harus menjadi pelari jarak jauh untuk merasakan manfaatnya.

Faktanya, jogging santai selama 30 menit dalam seminggu sudah cukup untuk meningkatkan kesehatan otak Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.