Nutrisi di Makanan Ini Dinilai Efektif Cegah Depresi dan Gangguan Kecemasan

oleh -10 Dilihat
oleh
nutrisi di makanan ini dinilai efektif cegah depresi dan gangguan kecemasan bb02a0b

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA — Gizi buruk tidak hanya menimbulkan berbagai penyakit fisik, namun juga menimbulkan penyakit mental seperti depresi dan kecemasan. Untuk mencegah depresi dan gangguan kecemasan, cara paling sederhana adalah dengan memperhatikan apa yang Anda makan setiap hari.

Psikolog nutrisi Drew Ramsey membagikan tujuh makanan dan minuman yang efektif dalam upaya pencegahan. Berikut makanan dan minuman yang direkomendasikan penulis Eat to Beat Depression and Anxiety, diambil dari Value Page pada Kamis (14/3/2024). 

1. Sayuran hijau

Ramsey kerap menekankan nilai gizi sayuran hijau. Bahkan, dia menulis buku berjudul Fifty Shades of Black. Namun tidak hanya buah pisang saja yang mempunyai manfaat baik, namun terdapat berbagai sayuran hijau seperti sawi, brokoli, bayam dan lain-lain.

2. Buah berwarna-warni

Buah berwarna pelangi yang juga dikenal dengan nama Ramsi ini sangat efektif mencegah depresi dan gangguan kecemasan. Secara umum, buah berwarna merah-ungu mengandung antosianin, suatu flavonoid padat nutrisi. Namun, ia juga merekomendasikan banyak buah lainnya. 

3. makanan laut

Ramsey menjelaskan bahwa makanan laut baik untuk kesehatan otak, berkat asam lemak omega-3. Tidak hanya ikan salmon saja yang digemari, tapi juga berbagai makanan laut, mulai dari rantai makanan terbawah hingga terhindar dari merkuri.

4. Kacang tanah 

Sebuah penelitian terhadap mahasiswa yang mengalami depresi dan kecemasan di Australia menunjukkan peningkatan yang signifikan ketika mereka makan kacang setiap hari. Kacang juga mengandung serat prebiotik yang baik untuk usus.

5. Daging

Ini mungkin terdengar kontroversial, namun Ramsey percaya bahwa makan daging dalam jumlah sedang itu sehat dan baik untuk otak. Daging mengandung banyak nutrisi penting, termasuk asam lemak yang berkhasiat dan bermanfaat bagi tubuh.

6. Telur dan susu fermentasi

Telur dan produk susu seringkali dihindari, padahal manfaatnya besar. Sebuah penelitian menegaskan bahwa kolin dalam telur dikaitkan dengan berkurangnya kecemasan. Telur juga kaya akan protein berkualitas tinggi dan vitamin B.  

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam adalah makanan sehat. Sebuah penelitian terhadap lebih dari 13.000 orang dewasa di Amerika menemukan penurunan depresi sebesar 57 persen di antara peserta yang mengonsumsi coklat hitam. Mengonsumsi dark chocolate setiap hari akan menurunkan hormon kortisol.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.