NMax Getar saat Jalan? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

oleh -8 Dilihat
oleh
nmax getar saat jalan ini penyebab dan cara mengatasinya b6363ad

JAKARTA – Yamaha NMax menjadi salah satu skutik premium terpopuler di Indonesia. Namun, beberapa pengguna mengeluhkan masalah getaran saat mesin hidup. Getaran ini terasa di setang, foot deck, bahkan bodi sepeda motor.

Penyebab Motor NMax Bergetar Saat Dijalankan. Berikut adalah penyebab paling umum:

1. V-belt aus atau kendor V-belt merupakan komponen penting pada sistem transmisi CVT (continuously variable transmisi) yang menghubungkan mesin dengan roda belakang. Jika V-belt aus atau kendor maka akan menimbulkan getaran saat sepeda motor berjalan. Sebaiknya Anda memeriksa secara berkala kondisi V-belt jika sudah aus.

2. Puli CVT yang aus atau rusak Puli CVT berfungsi untuk mengubah perbandingan gigi pada sistem transmisi CVT. Jika puli CVT aus atau rusak, sepeda motor akan mengalami getaran yang tidak nyaman saat berakselerasi. Solusinya adalah dengan mengganti pulley CVT dengan yang baru.

3. Lapisan kopling CVT dilengkapi bantalan kopling CVT yang aus untuk menghubungkan dan memutuskan torsi mesin ke roda belakang. Kopling CVT yang aus akan menyebabkan sepeda motor bergetar saat start atau akselerasi. Jika aus, ganti sabuk kopling CVT.

4. Ban Bermasalah Ban yang tidak rata atau tidak rata dapat menyebabkan getaran pada sepeda motor NMax. Periksa apakah tekanan ban memenuhi rekomendasi pabrikan dan seimbangkan secara teratur.

5. Masalah pada shockbreaker. Shockbreaker yang rusak atau bocor dapat menimbulkan getaran pada sepeda motor, terutama saat berkendara di jalan yang tidak rata. Periksa kondisi shockbreaker dan ganti bila perlu.

6. Masalah getaran mesin juga bisa disebabkan oleh masalah pada mesin itu sendiri, seperti kerusakan pada poros engkol atau piston. Jika Anda mencurigai adanya masalah pada mesin, segera bawa sepeda motor Anda ke bengkel resmi.

Bagaimana cara mengatasi motor NMax gemetar saat berlari? Setelah penyebab getaran pada sepeda motor NMax Anda sudah diketahui, langkah selanjutnya adalah memperbaiki atau mengganti komponen yang bermasalah tersebut. Berikut beberapa cara menghindari guncangan saat mengendarai motor NMax:

1. Ganti V-belt: Jika V-belt sudah aus atau kendor, segera ganti dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan V-belt asli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda.

2. Ganti roller CVT: Jika roller CVT sudah aus atau rusak, segera ganti dengan yang baru. Pilih roller CVT yang berkualitas baik dan sesuai dengan berat badan Anda.

3. Ganti sabuk kopling CVT: Jika sabuk kopling CVT sudah aus, segera ganti dengan yang baru. Pastikan menggunakan jalur kopling CVT asli yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda.

4. Selesaikan Penyeimbangan dan Sproket Ban: Jika masalah getaran disebabkan oleh ban yang tidak rata atau tidak rata, lakukan pekerjaan penyeimbangan dan sprucing ban di bengkel terpercaya.

5. Periksa dan ganti shockbreaker: Jika shockbreaker rusak atau bocor, segera ganti dengan yang baru. Pastikan Anda menggunakan shockbreaker original yang sesuai dengan spesifikasi sepeda motor Anda.

6. Periksakan mesin ke bengkel resmi: Jika Anda mencurigai adanya masalah pada mesin, segera periksakan dan perbaiki sepeda motor Anda ke bengkel Yamaha.

Tips menghindari guncangan saat mengendarai motor NMax. Pastikan Anda menggunakan oli mesin yang tepat, membersihkan filter udara secara rutin, dan memeriksa kondisi komponen penting seperti V-belt, roller CVT, dan kopling CVT.

Selain itu, hindari kelebihan beban dan mengemudi dengan kecepatan tinggi. Hal ini dapat mempercepat keausan komponen motor dan menimbulkan getaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.