Jadi Opsi Perawatan Paliatif Kanker, Akupunktur Bermanfaat untuk Apa Saja?

oleh -11 Dilihat
oleh
jadi opsi perawatan paliatif kanker akupunktur bermanfaat untuk apa saja 735d9ad

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA — Jika kanker terdeteksi pada stadium dini, maka pengobatannya dilakukan dengan berbagai pilihan pengobatan, antara lain pembedahan, kemoterapi, terapi radiasi, imunoterapi, terapi hormon, dan terapi sasaran yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing pasien. . Bagaimana jika pasien sakit parah?

Hadaya Dipanegara, ahli akupunktur spesialis akupunktur, manajemen nyeri, dan anestesi di RS Pondok Indah Jakarta, dalam siaran persnya, Selasa, 2 Juni 2024 mengatakan, “Penatalaksanaan pasien kanker stadium akhir seringkali bersifat paliatif.” .

Perawatan paliatif adalah perawatan pasien yang sakit parah dan keluarganya dengan memaksimalkan kualitas hidup dan mengurangi gejala-gejala yang menyusahkan. Perawatan paliatif umumnya mencakup pereda nyeri, penanganan gejala lainnya, serta dukungan emosional dan spiritual.

Kanker atau kanker adalah penyakit tidak menular yang ditandai dengan sel dan jaringan abnormal yang bersifat kanker, tumbuh dengan cepat, dan menyebar secara tidak terkendali ke bagian tubuh pasien yang lain. Menurut WHO, kanker merupakan penyebab kematian nomor dua di dunia.

Sedangkan berdasarkan data Globocan yang dirilis pada tahun 2020, terdapat 396.914 kasus kanker baru di Indonesia. Saat itu, jumlah penderita kanker yang meninggal mencapai 234.511 jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.