Indonesia Banyak Impor Alas Kaki dari China Sebulan, Nilainya Fantastis

oleh -11 Dilihat
oleh
indonesia banyak impor alas kaki dari china sebulan nilainya fantastis f87fcdd

bacadisini.web.id.com, Jakarta Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan impor sepatu dari China terbesar dalam dolar AS pada bulan April 2024)

Wakil Presiden Bidang Distribusi dan Pelayanan BPS Pudji Ismartini menjelaskan, impor sepatu di Indonesia tercatat sebesar 52 juta dolar pada April 2024. Seharusnya angka tersebut turun 1,53 persen dari Maret 2024.52 “Jutaan ini turun 1,53 persen secara bulanan. -bulan”, kata Fudji dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (15/5/2024).

Menurut dia, impor terbesar berasal dari Tiongkok dengan pangsa 48,08% dari total impor sepatu di Indonesia.

“Nah, paling banyak dari China, yaitu $25 juta atau 48,08 persen,” ujarnya. eksportir sepatu

Sedangkan nilai ekspor alas kaki mencapai $461,2 juta pada April 2024. Jumlah terbesar masih tercatat pada ekspor ke Amerika Serikat.

Dengan demikian, total nilai ekspor alas kaki pada April 2024 sebesar 461,2 juta dolar, dan terutama ekspor ke Amerika Serikat sebesar 157,1 juta dolar, ujarnya.

 

Diketahui, industri sepatu nasional menjadi pusat perhatian pasca ditutupnya pabrik pembuat sepatu Bata. Perusahaan menutup salah satu pabriknya di Purwakarta, Jawa Barat.

Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kamanferin) bertemu dan berdialog dengan manajemen PT Shoes Bata Tbk (BATA) terkait penutupan pabrik Sepatu Bata di Purwakarta, Jawa Barat. Penutupan pabrik berdampak pada 233 pekerja yang di-PHK.

Dari hasil diskusi, Direktur Cabang Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki (ITKAK) Kementerian Perindustrian Adi Rochmanto Pandiangan mengatakan, manajemen Bata berjanji tidak hanya akan mempertahankan pekerja yang terkena PHK.

“Pegawai usia produktif yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) akan dipindahkan ke pabrik sepatu lain di sekitar Purwakarta,” kata Adi dalam pertemuan dengan manajemen PT Sepatu Bata Tbk, yang digelar, Rabu (8/5/2024). ambil tempat.

 

Menurutnya, dari hasil dialog terlihat jelas bahwa keputusan penutupan lini produksi atau produksi manajemen sepatu Bata ini terkait dengan strategi bisnis yang dilakukan sebagai bagian dari refocusing lini penjualan (bisnis). Hal ini sebagai langkah perusahaan menghadapi persaingan di industri alas kaki lokal.

Direksi menyampaikan agar efisien dan memperhatikan tren pasar yang cepat dan beragam, PT Shoes Bata Tbk fokus mengembangkan produk dan desain yang sesuai dengan selera pasar, kata Adi.

Berdasarkan keterangan PT Shoes Bata Tbk, pabrik di Purwakarta sebenarnya hanya sebagian kecil dari keseluruhan bisnis perseroan. Bahkan dari segi produksinya masih sangat kecil dibandingkan produsen sepatu lainnya.

Oleh karena itu, menurut manajemen, penutupan pabrik di Purwakarta merupakan langkah yang paling realistis, kata Adi.

Perseroan meyakini fokus pada bisnis ritel penting untuk memulihkan kinerja bisnis dan penjualan yang mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.