Astronom Temukan Planet Baru Seukuran Bumi, Namanya Speculoos-3 b

oleh -9 Dilihat
oleh
astronom temukan planet baru seukuran bumi namanya speculoos 3 b 7b0fe8c

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA – Tim astronom internasional menemukan planet baru seukuran Bumi yang mengorbit bintang katai merah yang sangat dingin. Planet ini berjarak 55 tahun cahaya dari Bumi dan merupakan planet kedua yang ditemukan di sekitar bintang serupa.

Mengutip situs resmi Universitas Birmingham, Jumat (17 Mei 2024), planet tersebut diberi nama Speculos-3 b. Planet ini membutuhkan waktu sekitar 17 jam untuk mengorbit bintang yang dua kali lebih panas, 10 kali lebih kecil massanya, dan 100 kali lebih terang dibandingkan matahari kita.

Siklus siang dan malam di Speculoos-3B sepertinya tidak ada habisnya. Planet tersebut mungkin terkunci pasang surut, sehingga sisi yang sama (sinar matahari) selalu menghadap bintang, serupa dengan hubungan antara Bumi dan Bulan.

Temuan yang dipublikasikan di Nature Astronomy pada 15 Mei 2024 ini diperoleh para astronom yang tergabung dalam proyek SPECULOOS, yang juga mencari planet yang melampaui bintang ultra-dingin. Proyek ini dipimpin oleh Universitas Liège di Belgia.

Turut terlibat adalah perwakilan dari Universitas Birmingham, Cambridge, Bern dan MIT. Para astronom menggunakan jaringan teleskop robotik di seluruh dunia untuk mencari exoplanet yang mengorbit bintang katai ultra-dingin.

Katai ultradingin sangat umum ditemukan, mencakup sekitar 70% bintang di Bima Sakti. Bintang-bintang yang sangat redup juga tersebar di langit, sehingga para ilmuwan harus melihat datanya melalui teleskop selama beberapa minggu, memantau setiap bintang satu per satu.

Astronom Michael Gillon, penulis utama studi tersebut, menjelaskan bahwa program Speculoos mengkhususkan diri dalam mengamati bintang katai ultradingin dan kondisi di sekitarnya. Mereka mencari planet berbatu yang cocok untuk studi mendetail.

“Pada tahun 2017, prototipe Speculos menggunakan teleskop TRAPPIST untuk menemukan sistem TRAPPIST-1 yang terkenal, yang terdiri dari tujuh planet seukuran Bumi, beberapa di antaranya mungkin dapat dihuni. Ini merupakan awal yang luar biasa,” kata Giron.