Antisipasi Pilot Tertidur saat Terbang, Inggris Ajukan Tes Kelelahan

oleh -11 Dilihat
oleh
antisipasi pilot tertidur saat terbang inggris ajukan tes kelelahan 7188973

LONDON – Aksi pilot Maskapai Batik yang tertidur di udara kini menyedot perhatian banyak pihak. Asosiasi Pilot Maskapai Penerbangan Inggris (BALPA), yang mewakili lebih dari 10.000 pilot di Inggris, memperingatkan bahwa kelelahan dapat memengaruhi kinerja, dengan fokus pada keselamatan penumpang.

Oleh karena itu, BALPA merekomendasikan agar pilot menjalani tes kelelahan sebelum lepas landas. Tujuan dari pengujian ini adalah untuk mencegah pilot tertidur di kokpit saat menerbangkan Ironbird.

Menurut Telegraph, BALPA ingin setiap maskapai penerbangan menggunakan program komputer untuk menilai tingkat kelelahan pilot berdasarkan jadwal penerbangan mereka – yang dilakukan beberapa minggu sebelum pilot mulai bertugas.

Sebagai tanggapan, BALPA merekomendasikan agar setiap perusahaan menggunakan Carolina Sleep Scale versi berbasis komputer, sebuah survei yang digunakan untuk mengukur tidur seseorang.

Dr Rob Hunter, kepala keselamatan penerbangan BALPA, mengatakan pilot berisiko tertidur di udara jika beban kerja mereka tidak dikelola secara efektif.

“Kenapa itu penting? Misalnya pilot yang kelelahan tidak bisa berpikir jernih dan mengambil keputusan saat darurat, tentu berbahaya bukan?”

Bekerja berjam-jam dan melintasi zona waktu berbeda diyakini berkontribusi signifikan terhadap kelelahan parah awak pesawat di dalam kabin.

Hal serupa juga tercermin dalam aturan yang ditetapkan oleh Badan Standar Penerbangan Eropa, badan yang mengatur jam tugas pilot, di mana pilot tidak diperbolehkan mengudara jika secara fisik terlalu lelah.

“Undang-undang ini dibuat untuk memberikan banyak fleksibilitas kepada maskapai penerbangan, namun di sisi lain, undang-undang tersebut akan memberi mereka (maskapai penerbangan) kemampuan untuk mempekerjakan pilot dan mereka akan menghadapi kelelahan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.