UU NO.4 Diteken, Ibu Melahirkan yang Keguguran Dapat Hak Istirahat, Perusahaan Tak Boleh Berhentikan Pekerja

oleh -6 Dilihat
oleh
uu no 4 diteken ibu melahirkan yang keguguran dapat hak istirahat perusahaan tak boleh berhentikan pekerja fc5bc81

bacadisini.web.id Lifestyle – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani undang-undang Nomor 4 Tahun 2024 tentang Kesejahteraan Ibu dan Anak Seribu Hari Pertama Kehidupan. Sesuai aturan yang diteken Presiden Jokowi pada 2 Juli 2024, pemerintah memperbolehkan cuti melahirkan selama 6 bulan.

Sementara itu, aturan pemberian izin kepada ibu hamil paling lama 6 bulan diatur dalam Pasal 4 ayat 3 huruf A angka pertama yang menyatakan bahwa cuti melahirkan diberikan paling sedikit 3 bulan pertama. Kemudian Pasal 4 Ayat 3 huruf b paling lambat 3 bulan berikutnya, jika ada keadaan khusus yang dibuktikan dengan surat keterangan dokter.

Selain itu, kondisi khusus sebagaimana dimaksud dalam huruf angka 2 angka 3 antara lain ibu yang mempunyai gangguan kesehatan, gangguan kesehatan dan/atau gangguan setelah melahirkan atau keguguran dan/atau anak yang dilahirkan dengan gangguan kesehatan, gangguan kesehatan dan/atau gangguan :

Hal ini diatur dalam ayat 5 Pasal 4. Kami akan terus membaca artikel selengkapnya di bawah ini.

Selain itu, menurut aturan yang disebutkan dalam Pasal 4 Ayat 3 Ayat “b”, ibu hamil juga berhak istirahat selama 1,5 (satu setengah) bulan atau sesuai dengan surat keterangan dokter, dokter spesialis kandungan-ginekologi, atau bidan. , jika ada. mengalami keguguran. 

Cuti melahirkan sebagaimana dimaksud pada angka 3 harus diberikan secara tertulis oleh pemberi kerja. Selain itu, pemerintah juga mengatur bahwa perusahaan tidak boleh memecat ibu-ibu yang menggunakan hak cuti sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 ayat (1). 

Setiap ibu yang melaksanakan hak-haknya sebagaimana dimaksud dalam pasal 4 ayat 3 huruf “a” dan “b”, tidak boleh dikecualikan dari pekerjaannya dan tetap memperoleh hak-haknya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang ketenagakerjaan, pengelolaan.   Jokowi Efekkan Kaesang Pangarep di Pilkada Jateng, Pengamat Sebut Presiden PSI Kaesang Pangarep Sepertinya Dipuji di Pilkada Jateng. Survei LSI menempatkan putra bungsu Presiden Jokowi pada urutan pertama dalam hal kelayakan. bacadisini.web.id.co.id 6 Juli 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.