Servis Sepeda Motor Meningkat Hingga 30 Persen Jelang Lebaran

oleh -14 Dilihat
oleh
servis sepeda motor meningkat hingga 30 persen jelang lebaran ff1e89f

Dilansir reporter bacadisini.web.id.com Lita Febriani

bacadisini.web.id.COM, JAKARTA – Sebagian masyarakat Indonesia masih lebih memilih menggunakan kendaraan roda dua saat bepergian dari dan ke kota.

Tahun lalu, Departemen Perhubungan memperkirakan 25,13 juta orang menggunakan sepeda motor untuk pulang pergi kerja. Jumlah ini menyumbang sekitar 20,3% dari total 123,8 juta penumpang pulang pergi.

Meskipun mengendarai sepeda motor ke rumah tidak disarankan, diperkirakan akan lebih banyak orang yang pulang dengan menggunakan kendaraan roda dua pada tahun ini.

Hal ini tercermin dari peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan perbaikan dan servis sepeda motor saat mudik di studio Yoga Motoshop di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Pemilik Yoga Motoshop Yoga Ningrat mengungkapkan, jumlah sepeda motor yang diperbaiki menjelang Idul Fitri 2024 mengalami peningkatan.

Berbicara kepada bacadisini.web.id, Kamis (28/3/2024) Yoga mengatakan, “YMS sendiri sejauh ini meningkat sekitar 30%. Tapi biasanya menjelang akhir Ramadhan ada peningkatan yang signifikan.”

Kebanyakan pembeli datang untuk perawatan rem dan mesin di akhir pekan.

Untuk perawatan mesin, Yoga Motoshop biasanya melakukan pemeriksaan mulai dari pengujian diagnostik komputer hingga pengujian fisik.

Selain itu, ada servis ringan dan CVT. Kemudian lanjutkan dengan memeriksa keamanan braket dan rem serta mengencangkan bautnya.

Rata-rata waktu servis dan pemeriksaan sepeda motor kurang lebih satu jam. Namun hal ini tergantung kondisi sepeda motor.

Dalam satu hari, Yoga Motoshop mencatat sedikitnya 15 pelanggan akan mendapat layanan spesial selama Ramadhan. Harga servis berkisar Rp35.000 hingga Rp80.000, belum termasuk suku cadang dan ganti oli. Namun biaya ini akan tergantung pada kondisi sepeda motor pemesan.

Khusus untuk pelayanan menjelang Idul Fitri, Yoga menyarankan konsumen melakukannya satu minggu sebelum mudik.

“Sebenarnya kalau anjuran bengkel agar aman, minimal seminggu sebelum hari besar. Tapi rata-rata konsumen masih mendapat pelayanan dari dua minggu puasa hingga hari besar,” jelas Yogi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.