Dosen UPN Veteran Jakarta Gelar Gerakan Kesadaran Literasi Digital Sekolah

oleh -8 Dilihat
oleh
dosen upn veteran jakarta gelar gerakan kesadaran literasi digital sekolah efd6e50

DEPOK – Dosen veteran Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Jakarta menggalakkan gerakan kesadaran literasi digital di sekolahnya. Acara dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Juni 2024 selama dua hari di SMK Tunas Media, Savangan, Depok, Jawa Barat.

Kerjasama dosen Fakultas Ilmu Sosial Politik (FISIP) dan Fakultas Hukum (FH) UPNVJ ini difokuskan pada pelayanan publik dengan mengangkat tema “Kesadaran Literasi Digital Bagi Remaja”. Kegiatan ini bertujuan untuk lebih memahami literasi digital di kalangan generasi muda di era teknologi saat ini.

Dosen Magister Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ, Dr. Fitria Ayunttas membawakan materi “Gerakan Kakap Digital” pada hari pertama yang menyoroti perlunya mengembangkan kesadaran dan kemampuan literasi digital di kalangan remaja khususnya generasi, materi yang disampaikan diantaranya adalah literasi digital. Generasi Z, kompetensi digital, etika digital dan pentingnya gerakan keterampilan digital.

Pada sesi berikutnya, guru hubungan internasional SIS FISIP UPNVJ, Nurfara Nidadiya, S.HI, MAIR menyampaikan materi “Keamanan dalam Teknologi Digital”. Nurfara menjelaskan berbagai risiko dan tantangan dalam penggunaan teknologi digital, serta strategi keamanan pribadi dan pengelolaan data digital.

Kemudian, dosen Fakultas Hukum UPNVJ Dr. Mutyala Shakti, S.H., M.H. Membahas topik Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) untuk menciptakan kesadaran tentang isi dan tujuan Undang-Undang. Muthia juga meninjau aspek perlindungan data dari peraturan pemrosesan data pribadi dan persyaratan undang-undang.

Selama perkuliahan, para siswa berpartisipasi sangat aktif dalam sesi tanya jawab dan menunjukkan antusiasme terhadap materi yang disampaikan. Direktur SMK Tunas Media, Roni Madropi, SP, MS mengucapkan terima kasih yang telah menyelenggarakan pelatihan ini dan berharap dapat bermanfaat untuk memberikan kontribusi positif kepada para siswa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.