Berapa Jumlah Konsumsi Garam Maksimal per Hari untuk Cegah Hipertensi?

oleh -14 Dilihat
oleh
berapa jumlah konsumsi garam maksimal per hari untuk cegah hipertensi 6e6f86e

JAKARTA – Jumlah maksimal konsumsi garam per hari untuk mencegah hipertensi adalah 5 gram atau sekitar satu sendok teh. Rekomendasi ini dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan banyak lembaga kesehatan lainnya.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi medis dimana tekanan darah seseorang selalu berada di atas batas normal. Pola hidup yang tidak sehat seperti konsumsi garam berlebihan menjadi salah satu penyebab kondisi ini.

Angka kejadian hipertensi di Indonesia cukup tinggi. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melaporkan satu dari tiga orang dewasa menderita hipertensi. Selain itu, sebanyak 34,1 persen penduduk Indonesia menderita kondisi tersebut.

Dokter Spesialis Gizi Klinik RS Premier Bintaro Dr. Yohan Samudra, SpGK, AIFO-K menjelaskan, hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang tidak selalu memiliki gejala.

“Setelah diukur tekanan darahnya tiba-tiba tinggi atau bisa juga ditandai dengan rasa tidak nyaman, sakit kepala,” kata dr Yohan baru-baru ini di Jakarta.

Namun bukan berarti setiap sakit kepala disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Jadi penting bagi kita untuk mencegah faktor risikonya, lanjutnya.

Hipertensi sendiri dapat dicegah dengan konsumsi garam secara bijak. Ini merupakan solusi dengan penerapan yang cukup mudah, yaitu mengurangi penggunaan garam dan menambahkan sedikit MSG pada menu konsumsi sehari-hari.

“Konsumsi garam berlebihan menjadi penyebab utama terjadinya hipertensi sehingga menyebabkan peningkatan faktor risiko penyakit jantung,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.