5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Bersamaan untuk Dapatkan Nutrisi yang Baik

oleh -8 Dilihat
oleh
5 makanan yang aman dikonsumsi bersamaan untuk dapatkan nutrisi yang baik 311d22d

JAKARTA – Seringkali masyarakat bertanya apakah ada makanan yang boleh dikonsumsi bersamaan? Beberapa orang pernah mendengar bahwa menggabungkan protein dan karbohidrat pada saat yang sama dapat menyebabkan penurunan berat badan, namun sebuah penelitian yang diterbitkan sekitar 10 tahun lalu membantah gagasan tersebut.

Senior Director, Global Nutrition Education and Training, Herbalife, Susan Bowerman mengatakan, konsep lain dari kombinasi makanan biasa disebut dengan food synergy atau food match, mengingat makanan tertentu memberikan manfaat nutrisi yang lebih besar jika dikonsumsi bersamaan dibandingkan jika dikonsumsi terpisah. Pikirkan nutrisi “satu tambah satu sama dengan tiga”.

1. Sayuran berwarna-warni dengan Sedikit Lemak

Banyak buah dan sayuran mengandung senyawa yang disebut karotenoid. Merupakan pigmen alami yang memberi warna pada makanan seperti tomat, wortel dan bayam. Pigmen ini disebut likopen, beta-karoten dan lutein.

Karotenoid berfungsi sebagai antioksidan dalam tubuh, sehingga buah dan sayur menjadi bagian penting dalam pola makan sehat. Senyawa penting ini larut dalam lemak, artinya jika Anda mengonsumsi sayuran rendah lemak, tubuh Anda bisa menyerap lebih banyak karotenoid.

Jadi, menambahkan lemak sehat dari alpukat atau minyak zaitun ke dalam salad Anda akan membantu Anda menyerap karotenoid yang ditemukan dalam selada romaine, wortel, dan tomat.

2. Vitamin C dari Sayur dan Biji-bijian yang mengandung Zat Besi

Besi hadir dalam dua bentuk. Salah satu bentuknya disebut zat besi “heme” yang ditemukan pada ikan, daging, dan unggas, dan lebih mudah diserap oleh tubuh dibandingkan zat besi “non-heme” yang ditemukan pada makanan nabati.

Jika Anda mengonsumsi Vitamin C dengan sumber zat besi non-heme, tubuh Anda akan menyerap zat besi lebih baik dan Anda tidak membutuhkannya dalam jumlah besar. Jumlah vitamin C dalam jeruk atau tomat dapat meningkatkan penyerapan zat besi hampir tiga kali lipat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.