5 Faktor Risiko Pemicu Serangan Jantung Saat Mudik Lebaran, Kenali Ciri dan Pencegahannya

oleh -9 Dilihat
oleh
5 faktor risiko pemicu serangan jantung saat mudik lebaran kenali ciri dan pencegahannya 87b10df

bacadisini.web.id.com, Jakarta Perjalanan pulang yang jauh, udara panas dan stres selama perjalanan kerap memicu serangan jantung saat pulang ke rumah.

Menurut Bayushi Eka Putra, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah di Eka Hospital BSD, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena serangan jantung setelah pulang ke rumah, antara lain: tekanan darah tinggi dan stres.

Mengemudi dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan stres. Jika Anda mengalami stres saat bepergian, tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa meningkat dan memicu serangan jantung.

Selain stres, kelelahan juga menjadi faktor yang memperparah tekanan darah tinggi dan dapat memicu serangan jantung, kata Bayushi dalam siaran persnya, Senin (8/4/2024). Memiliki riwayat diabetes

Selain tekanan darah tinggi, riwayat diabetes juga bisa memicu serangan jantung saat Anda pulang ke rumah.

Diabetes dapat merusak jaringan pembuluh darah di jantung. Kerusakannya bisa bertambah parah jika Anda stres dan lelah dalam perjalanan pulang, yang bisa berujung pada serangan jantung. Anda mempunyai riwayat kolesterol tinggi

Kadar kolesterol atau trigliserida yang tinggi dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di jantung. Tingginya kadar lemak ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung. kegemukan

Kelebihan berat badan atau obesitas seringkali dikaitkan dengan tekanan darah tinggi, diabetes, tingginya kadar trigliserida kolesterol jahat, dan rendahnya kadar kolesterol baik. Kondisi ini meningkatkan risiko serangan jantung.

Faktor risiko berikutnya adalah kebiasaan merokok. Menurut Bayushi, merokok dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Pasalnya, bahan kimia dalam rokok dapat merusak pembuluh darah dan menyebabkan serangan jantung. Oleh karena itu, ia menganjurkan untuk menghindari rokok setelah berbuka puasa atau saat sahur.

“Jika Anda memiliki faktor risiko tersebut, ada baiknya Anda mempersiapkan daya tahan tubuh sebelum pulang kampung. Selain itu, hindari mengemudi sendirian. “Pastikan Anda memiliki teman perjalanan yang dapat membantu Anda jika terjadi serangan jantung,” sarannya.

Ciri-ciri serangan jantung antara lain: Dada terasa sesak Nyeri dada menjalar ke rahang, gigi, leher, dan perut Keringat dingin Mual Pusing Mulas atau rasa perih di dada.

Agar pulang kampung terasa menyenangkan tanpa dibayangi serangan jantung, Bayushi menyarankan beberapa hal berikut kepada calon pelancong: Hindari stres

Stress jalanan macet saat mudik tak bisa dihindari. Namun, traveler bisa menjaga suasana hati tetap baik dan santai dengan mengobrol bersama penumpang lain atau mendengarkan musik favorit. Beristirahatlah secara teratur

Jika wisatawan datang dengan kendaraan, berhentilah setiap 60 hingga 90 menit. Hal ini mencegah wisatawan menjadi lelah dan memberikan kesempatan untuk beristirahat.

“Juga, istirahatlah saat malam tiba dan jangan memaksakan diri untuk terus mengemudi saat tubuh lelah.”

Bayushi juga memberikan tips kepada wisatawan tentang cara membawa makanan dan minuman buatan rumah dari rumah.

Pasalnya, makanan dan minuman yang Anda temui dalam perjalanan pulang seringkali mengandung garam atau gula yang tinggi. Keduanya dapat memperburuk kesehatan jantung.”

“Pilih makanan seperti buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. “Jika tidak bisa membawa bekal sendiri, carilah makanan yang rendah garam dan gula,” kata Bayushi. Pastikan obat-obatan mudah diakses

Jika Anda memiliki obat darah tinggi atau diabetes yang perlu diminum secara rutin, simpanlah di tempat yang mudah dijangkau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.