10 Fakta Ilmiah dalam Al Qur’an, Bumi dan Langit Awalnya Menjadi Satu

oleh -10 Dilihat
oleh
10 fakta ilmiah dalam al qur an bumi dan langit awalnya menjadi satu ae70cbc

JAKARTA – Al-Qur’an sebagai pedoman umat Islam memuat banyak hal. Mulai dari ajaran tentang ketuhanan, tata cara beribadah, muamalah, cerita sejarah hingga ilmu pengetahuan.

Belakangan di era modern, banyak hal yang disebutkan dalam Al-Qur’an telah terbukti secara ilmiah, mulai dari teori Big Bang, perluasan galaksi, hingga kandungan besi di luar angkasa.

Dilansir dari Al-Islam, Kamis (1/2/2024), berikut sederet data ilmiah yang terdapat dalam Al-Qur’an: 1. Bumi dan langit pada awalnya bersatu.

Semua kalangan ilmiah di dunia saat ini sepakat bahwa planet-planet pada awalnya terdiri dari massa gas natrium dan bahwa langit dan bumi pada awalnya bersatu menjadi satu kesatuan dan kemudian terpisah satu sama lain. Berabad-abad yang lalu, Alquran merujuk pada teori ilmiah ini.

Allah SWT berfirman dalam surat Fushshilat ayat 11:

” وْعًا اَوْ كَرْهًاۗ قَالَتَآ اَتَيْنَا طَاۤ َِْعِ

Tsummastawâ ilas-samâ’i wa hiya dukhânun fa qâla lahâ wa lil-ardli’tiyâ thau‘an au karhâ, qâlatâ atainâ thâ’i‘în

Dia kemudian pergi ke (penciptaan) surga dan (langit) masih berasap. Dia berkata kepadanya dan kepada bumi: Tundukkanlah dirimu dengan patuh atau karena paksaan kepada-Ku. Keduanya menjawab: “Kami tunduk dengan patuh.”

Kemudian dalam ayat 30 surat Al-Anbiya Allah SWT berfirman:

اَوتليليكلّ ّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ ۝ــ

A wa lam yaralladzîna kafarû annas-samâwâti wal-ardla kânatâ ratqan fa fataqnâhumâ, wa ja‘alnâ minal-mâ’i kulla syai’in ḫayy, a fa lâ yu’minûn

Tidakkah orang-orang kafir mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya pernah menyatu, kemudian Kami pisahkan dan Kami jadikan kita semua hidup dari air? Jadi, apakah mereka tidak percaya?

Dengan demikian Al-Qur’an mengungkapkan salah satu misteri besar alam semesta: planet-planet pada awalnya terdiri dari massa gas natrium, dan pemisahan planet-planet dari benda-benda besar dan selanjutnya pemisahan satu sama lain.

2. Perluasan Alam Semesta

Salah satu penemuan paling berharga dalam sains berkaitan dengan perluasan alam semesta, kecenderungannya untuk terus memperluas batas-batasnya. Ini adalah sesuatu yang sama sekali tidak diketahui orang hingga abad terakhir.

Namun misteri ini disebutkan dalam Al-Qur’an surat Az-Zariyat ayat 47:

Dan

Wassamaaa’a banainaa haa bi aydinw wa innaa lamuusi’uun

Dan langit Kami bangun dengan kekuatan (Kami), dan sesungguhnya Kami luaskan.

3. Gaya gravitasi

Sebelum Newton, tidak ada seorang pun yang mengetahui gaya gravitasi. Newton mendemonstrasikan bahwa jatuhnya benda ke bumi, perputaran bulan dan Venus, pergerakan planet-planet dan contoh gaya tarik menarik lainnya semuanya tunduk pada satu hukum, yaitu hukum gravitasi universal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.