Suka Bakso, Gorengan Sampai Makanan Tinggi Gula Waspada Perlemakan Hati

oleh -12 Dilihat
oleh
suka bakso gorengan sampai makanan tinggi gula waspada perlemakan hati 1617c05

JAKARTA – Siapa yang tak suka gorengan, makanan manis seperti kue, dan minuman manis? Makanan seperti ini sering kita santap sebagai camilan, apalagi saat kita sedang bekerja atau bersantai sambil menonton drama favorit.

Tetapi berhati-hatilah! Pasalnya, seringnya konsumsi makanan berlemak seperti bakso, gorengan, dan makanan tinggi gula dapat menyebabkan perlemakan hati atau disebut juga dengan istilah perlemakan hati. Bagaimana kamu bisa datang? 

FYI: Perlemakan hati atau sirosis adalah penimbunan lemak berlebih di hati. Akumulasi abnormal ini biasanya terjadi pada sel hati. Kondisi ini dapat mengganggu fungsi hati yang harus memproses makanan dan minuman serta menyaring zat berbahaya dari darah.

Konsultan liver dan sistem pencernaan, dokter spesialis penyakit dalam, dr. Irsan Hassan, Sp.PD-KGEH Perlemakan hati juga bisa disebabkan oleh gaya hidup atau kebiasaan gaya hidup, seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak dan gula.

“Ini ada hubungannya dengan gaya hidup. Perlemakan hati bisa karena alkohol, bisa karena metabolisme makanan dan lain-lain, bisa juga karena obat-obatan, tapi tidak seberapa. Di Indonesia alkoholnya sedikit, banyak metabolisme yang berhubungan dengan makanan, makanan berlemak. Gula dan makanan berkalori tinggi bisa menyebabkan perlemakan hati, ujarnya dalam acara Hidup Sehat tvOne, Selasa, 2 Januari 2024. .

Irsan menjelaskan, penyakit hati berlemak merupakan penyakit baru di masyarakat. Karena masyarakat percaya bahwa lemak hanya bisa menumpuk di perut, bukan di hati.

“Kami dulu memikirkan perlemakan hati di Amerika dan Eropa, dimana penduduknya kaya dan mengalami obesitas. Pada tahun 2000, kami mengumpulkan data berdasarkan survei, 30 persen populasi yang disurvei menderita perlemakan hati,” ujarnya.

Sedangkan gejala livernya. Irsan mengatakan, gejala perlemakan hati tidak terlihat secara kasat mata, terutama pada tahap awal. Namun jika Anda melihat gejala seperti mata kuning, muntah darah, itu sudah menunjukkan gejala obesitas stadium lanjut.

“Semua yang berhubungan dengan liver, tahap awal tidak bergejala. Tahap lanjut baru terlihat ketika saya tahu kalau mata saya kuning, kalau liver saya berlemak, maka sudah terlambat. Apakah sudah terlambat untuk muntah darah? Kalau terlalu telat muntah, itu masalahnya perlemakan hati tidak bisa terdeteksi dari luar

Oleh karena itu, kata Irsan, mereka yang memiliki riwayat diabetes, lambung, dan obesitas harus berhati-hati. Dengan melakukan pemeriksaan USG. 

“Jika Anda mencurigai nutrisi yang baik ada hubungannya dengan obesitas, diabetes mulai berkembang, hati-hati apakah Anda memiliki perlemakan hati atau tidak. Cari tahu apakah Anda memiliki perlemakan hati dengan USG. “Kebanyakan tes tidak melakukan USG, hanya saja darah, Fatty liver tidak terdeteksi,” jelasnya. Mengenal USG liver scan, bisa mendeteksi penyakit liver dan kecanduan alkohol. Layanan scan hati USG atau USG liver scan adalah prosedur medis yang menggunakan gelombang bacadisini.web.id berfrekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar liver. bacadisini.web.id.co.id 2024. 5 Juli

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.