Pertamina Papua Tanam 3.000 Pohon Mangrove di Terminal BBM Jayapura  

oleh -12 Dilihat
oleh
pertamina papua tanam 3 000 pohon mangrove di terminal bbm jayapura 727f82e

bacadisini.web.id.CO.ID, JAYAPURA – PT Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku telah menanam 3.000 pohon bakau di Terminal Bahan Bakar Minyak (BBM) Jayapura di Papua sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Regional Papua Maluku Sunardi Jayapura, Rabu (20/03/2024) mengatakan, hal ini merupakan langkah nyata Pertamina dalam menjaga kelestarian laut. “Penanaman pohon mangrove hari ini merupakan kerjasama dengan komunitas Mangrove Dok VIII Jayapura sebagai bentuk TJSL dan untuk mencegah terjadinya erosi,” ujarnya.

Menurut Sunardi, penanaman mangrove merupakan bagian dari upaya dekarbonisasi Pertamina karena membantu penurunan emisi. “Ini sebagai upaya menjaga lingkungan tempat kami bekerja bersinggungan dengan laut, sehingga perlu dilakukan penanaman mangrove untuk menjaga ekosistem laut,” ujarnya.

Penanaman mangrove ini diharapkan dapat menjaga habitat dan ekosistem laut di sepanjang bibir pantai dekat Terminal BBM Jayapura. “Lebih jauh lagi, perkebunan ini dapat membantu mengurangi laju pemanasan global karena mangrove dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida,” ujarnya lagi.

Sekretaris Komunitas Mangrove Doc VIII Jayapura Charles Toto mengatakan, penanaman ini dibagi dalam dua tahap, tahap pertama sebanyak 1.000 pohon, dan berikutnya pada bulan April sebanyak 2.000 bibit. “Mengingat kawasan perkebunan merupakan kawasan yang penting untuk dilindungi, maka kerja sama ini sangat penting,” ujarnya.

Menurut Charles, kegiatan ini menjadi contoh BUMN lain di Papua yang turut bekerja sama menjaga ekosistem laut. “Untuk menjaga alam perlu upaya bersama, sehingga ke depan ada kegiatan lain bersama BUMN lain, karena yang dibutuhkan alam juga dibutuhkan manusia,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.