Pakar BRIN Minta Pemerintah dan Produsen Cegah Kandungan Bromat Berlebih pada Air Minum Dalam Kemasan

oleh -11 Dilihat
oleh
pakar brin minta pemerintah dan produsen cegah kandungan bromat berlebih pada air minum dalam kemasan 7641bb4

bacadisini.web.id.com – Akhir-akhir ini ramai diperbincangkan mengenai kontaminasi bromat pada air minum dalam kemasan. Menanggapi hal tersebut, Jody Arya Laxmono, Kepala Pusat Penelitian Teknologi Polimer BRIN, mengatakan pemerintah dan produsen perlu lebih proaktif untuk mencegah kemungkinan kontaminasi bromat yang berlebihan. 

“Untuk air mineral alami, pengujian terukur harus dilakukan pada sumber bahan bakunya untuk segera mendeteksi ion yang tidak diinginkan seperti bromida,” Jody Arya Laxmono, Kepala Pusat Penelitian Teknologi Polimer BRIN, mengatakan dalam sebuah pernyataan. 

Peneliti Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, pemeriksaan dilakukan untuk mencegah penurunan kualitas produk. Hal ini diperlukan sebagai upaya menjamin keamanan produk dengan menggunakan metode berdasarkan bukti ilmiah. Ilustrasi air minum sehat (freepik.com/pressfoto)

Dijelaskannya, jika air mineral alami mengandung ion bromida, maka diperlukan perlakuan khusus untuk menghilangkan senyawa tersebut, karena bromida dapat berubah menjadi bromat yang berdampak buruk bagi manusia dan hewan.

Demonstrasi kandungan bromat pada air minum dalam kemasan (AMDK) bertujuan untuk menjamin kualitas produk yang berkelanjutan, mulai dari bahan mentah hingga produk akhir, sehingga masyarakat dapat terhindar dari paparan bromat. Untuk memastikan kualitas produk AMDK di Indonesia tetap sesuai standar, diperlukan pemantauan oleh lembaga independen seperti Lembaga Sertifikasi Produk (LSPRO).

Selain itu, perlu adanya peningkatan kesadaran dan kehati-hatian masyarakat terhadap bahaya bromat, serta produsen juga perlu bertanggung jawab terhadap produk yang dihasilkannya.

Informasi kandungan bromat dalam AMDK yang berpotensi menyebabkan kanker diberikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan BPOM yang menetapkan batasan bromat dalam AMDK sebesar 10 ppb. BPOM menegaskan akan menindak tegas pelanggaran aturan keamanan pangan di Indonesia. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.