Lahir dari Konsep, SUV Ini Jadi ‘Bintang’ di IIMS 2024

oleh -15 Dilihat
oleh
lahir dari konsep suv ini jadi bintang di iims 2024 afc129a

bacadisini.web.id.com, Jakarta – Bermula dari mobil konsep yang diluncurkan di Vietnam pada Oktober 2022. Setahun kemudian, konsep XFC menjelma menjadi Mitsubishi XForce yang diluncurkan pada world premiere di ajang GIIAS 2023 pada Agustus 2023.

Kini, mulai tahun 2024, XForce dinobatkan sebagai bintang di Indonesia International Motor Show (IIMS) di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, kata Atsushi Kurita, Presiden Direktur Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

“Kami memperkenalkan Mitsubishi

Sebelum menjadi XForce, Mitsubishi terlebih dahulu memperkenalkan SUV kompak tersebut secara global sebagai mobil konsep bernama XFC Concept pada 19 Oktober 2022 di Ho Chi Minh City, Vietnam. Konsep Mitsubishi XFC juga sempat dipamerkan di Vietnam Motor Show 2022. Pertunjukan dari 26 Oktober hingga 30 Oktober.

Saat ini Mitsubishi Xforce diproduksi oleh Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia di Bekasi, Jawa Barat. Selain dijual di Indonesia, Mitsubishi Xforce juga diekspor ke negara lain di ASEAN, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Afrika.

Sejak diluncurkan hingga Januari 2024, Mitsubishi Xforce mengklaim mampu terjual sebanyak 2.000 unit. Selama 10 hari pameran di IIMS 2024, XForce juga tercatat telah diuji atau diuji oleh 250 pengunjung.

Mitsubishi Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver dan Merah Metalik. mitsubishi

 

 

Mitsubishi One memiliki empat mode berkendara seperti Normal, Wet, Gravel dan Mud sehingga membuat XForce cocok untuk berpetualang.

Untuk menjajal performa Mitsubishi XForce, bacadisini.web.id.com berkesempatan mengikuti ajang “XForce Infinite”.

Perjalanan hari pertama dimulai dari Kota Solo menuju Semarang mengikuti Tol Trans Jawa. Jalur ini cocok untuk mendongkrak mesin 1.499cc Mitsubishi XForce yang menghasilkan tenaga 77kW pada 6.000rpm dengan torsi maksimal 141Nm pada 4.000rpm. Tenaga mesin ini disalurkan ke roda melalui transmisi CVT.

Saat berkendara dengan kecepatan tinggi di jalan raya, kabin Mitsubishi Xforce terasa sempit. Suspensinya juga terasa nyaman saat melintasi jalanan terjal dengan finishing yang tenang.

Selain dibekali empat mode berkendara, Mitsubishi Xforce punya fitur lain terkait performa transmisi CVT yang belum banyak diketahui. Fitur tersebut adalah Driving Support (DS) berupa tombol yang terpasang pada tuas transmisi.

Saat berkendara dalam mode normal di jalan tol, mesin SUV ini terasa agak lamban. Namun begitu tombol DS diaktifkan, tenaga XForce langsung terasa lebih terbuka.

Sistem Audio Dynamics Sound Yamaha Premium yang disertakan dalam Mitsubishi Xforce tak ketinggalan diuji dengan genre musik berbeda. Tidak hanya bisa mengatur output audio dengan empat mode bacadisini.web.id berbeda yaitu Signature, Powerful, Vibrant dan Relaxed yang disalurkan melalui 8 speaker yang ada di mobil, sistem audio ini juga bagus karena outputnya bisa disesuaikan dengan kecepatan mobil. tingkat. dan kondisi jalan dengan fitur volume kompensasi kecepatan yang memiliki 5 level yang dapat dipilih.

Fitur ini secara otomatis memperbesar volume musik saat kecepatan tinggi dan kembali ke pengaturan awal saat kecepatan menurun.

Pengujian kemudian dilanjutkan di kawasan Kota Lama Semarang yang sebagian jalanannya masih banyak yang beraspal. Meski begitu, keunggulan ground clearance XForce yang tinggi dengan suspensi yang disetel dengan baik tetap terasa. Lingkar kemudinya juga terasa ringan karena memiliki grip yang mudah dengan radius putar yang kecil.

Uji Mitsubishi Beberapa titik di tol Semarang hingga Yogyakarta yang berada di kawasan perbukitan bisa dikendarai Mitsubishi Xforce dengan nyaman berkat fitur CVT yang disetel khusus. Fitur inilah yang membedakan akselerasi Mitsubishi XForce dengan Xpander yang bermesin sama. 

 

Setelah menyelesaikan pengujian selama dua hari dengan total jarak tempuh sekitar 237 km, ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan pengguna sebelum memutuskan membeli Mitsubishi XForce. 

Dari segi akselerasi, transmisi Mitsubishi CVT memberikan pengalaman berkendara yang memuaskan terutama saat melaju dengan kecepatan tinggi di jalan raya, meski masih terasa agak loyo jika fitur DS tidak diaktifkan.

Dari segi konsumsi bahan bakar, Mitsubishi Xforce tidak bisa dibilang irit atau irit. Pada pengujian dengan gaya berkendara santai pada kombinasi rute tol dan perkotaan, rata-rata konsumsi bahan bakar yang ditampilkan di layar MID mencerminkan konsumsi bahan bakar Mitsubishi Xforce pada 10 kmpl. Sedangkan untuk rute dalam kota tercatat 13,1 kmpl pada mode berkendara normal.

Meski begitu, keselamatan dan kenyamanan pengemudi dan penumpang tampaknya menjadi fokus utama Mitsubishi Xforce, dengan kabin kedap bacadisini.web.id dan kenyamanan suspensi yang mumpuni. Fitur seperti sistem audio Yamaha Premium Dynamics Sound dan volume kompensasi kecepatan menambah nilai lebih dengan kemampuan menyesuaikan output audio agar sesuai dengan kondisi berkendara. Namun absennya sunroof/panoramic view pada Mitsubishi Xforce membuatnya dirugikan dibandingkan SUV lain sekelasnya.

XForce dapat dibawa bertualang, diuji di berbagai area. Ground clearance yang tinggi, fitur CVT dan Active Yaw Control (AYC) yang disetel khusus membantu mengatasi berbagai kondisi jalan dengan mudah, termasuk saat melaju di kawasan perbukitan dan dataran tinggi.

Fitur keselamatan seperti Active Stability Control, Blind Spot Alert, Rear Cross Traffic Alert dan Hill Start Assist memberikan tambahan rasa percaya diri dan kenyamanan saat berkendara, terutama pada perjalanan jarak jauh. Namun XForce saat ini kurang memiliki fitur adaptive cruise control yang dapat membantu pengemudi berkendara lebih aman, terutama pada kecepatan lebih tinggi.

Selain itu, empat mode berkendara yang tersedia (Normal, Basah, Kerikil, Lumpur) memberikan fleksibilitas yang cukup bagi pengemudi untuk beradaptasi dengan kondisi jalan yang berbeda.

Secara keseluruhan, hasil pengujian menunjukkan bahwa Mitsubishi XForce tidak hanya menjadi SUV yang stylish, tetapi juga berani tampil beda dengan menawarkan fitur dan kenyamanan lebih baik di berbagai kondisi berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.