Kompleks Kuburan Korban Wabah Terbesar di Eropa Ditemukan

oleh -15 Dilihat
oleh
kompleks kuburan korban wabah terbesar di eropa ditemukan 8c65ad8

BERLIN – Para arkeolog di kota Nuremberg, Jerman, telah menemukan kuburan massal yang mungkin menjadi tempat peristirahatan terakhir para korban wabah terburuk di Eropa.

Lebih dari 500 kerangka ditemukan dalam penggalian sebelum pembangunan panti jompo baru. Konon total ada 1.500 orang yang dimakamkan di sana.

Tanggal pastinya masih belum pasti, namun delapan lubang wabah tersebut diperkirakan berasal dari paruh pertama abad ke-17. Beberapa benih berwarna hijau akibat terkena limbah dari pabrik tembaga terdekat.

Melanie Langbein dari Departemen Warisan Nuremberg dan kepala antropolog Florian Meltzer mengatakan sisa-sisa manusia akan dilestarikan dan diarsipkan.

“Kami saat ini memperkirakan bahwa ketika pekerjaan selesai pada musim semi, maka itu akan menjadi kuburan massal terbesar bagi korban wabah yang pernah digali di Eropa.”

Wabah pes menyebabkan banyak pandemi paling dahsyat dalam sejarah, termasuk Kematian Hitam pada abad ke-14 dan Wabah Yustinianus pada abad ke-6. Infeksi ini telah berulang dalam fokus kecil selama berabad-abad.

Ada pemakaman wabah khusus di Nuremberg, St. Louis. Namun Rochus mengemukakan sesuatu yang lebih tragis tentang penemuan ini.

“Orang-orang ini tidak dikuburkan di pemakaman konvensional,” kata Langbein dalam pernyataannya kepada Science Alert.

Artinya, banyak orang meninggal dalam waktu singkat dan tidak dikuburkan sesuai ritual Kristiani, ujarnya.

Meskipun diagnosis wabah belum dapat dikonfirmasi, tes DNA pada jenazah diharapkan dapat memastikan jejak bakteri Yersinia pestis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.