GoTo Minta Restu Buyback Saham, Nilainya Segini

oleh -12 Dilihat
oleh
goto minta restu buyback saham nilainya segini 4dd7c78

bacadisini.web.id.com, Jakarta – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akan menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) dan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPSLB) pada 11 Juni 2024.

Sejumlah proyek akan dikerjakan dalam RUPS, antara lain rencana penjualan saham yang telah dikeluarkan sebelumnya serta perubahan susunan direksi dan manajer perseroan.

Dalam RUPSLB tersebut, perseroan akan meminta persetujuan pemegang saham untuk program pembelian kembali saham senilai Rp3,2 triliun atau USD 200 juta (dengan asumsi kurs USD 16.000).

Direksi dan Direksi GoTo Gojek Tokopedia akan meninjau rencana penjualan secara berkala dan mengubah atau memodifikasinya jika diperlukan.

“Kami yakin program pembelian kembali saham senilai $200 juta merupakan bukti pertumbuhan GoTo karena menerapkan strategi pertumbuhan yang cepat dan berkelanjutan,” kata presiden GoTo Patrick Vallejo dalam pernyataannya, Senin (20/5). /2024).

Ia menambahkan, dengan arus kas positif yang konsisten dan harga saham yang tinggi, perseroan meyakini pembelian kembali saham merupakan langkah cerdas. Hal ini sejalan dengan upaya untuk memastikan aset perusahaan digunakan secara efisien.

Selain itu, dalam program RUPS, GoTo memperkuat struktur kepemimpinan dengan meminta John A. Prasetio mendapatkan persetujuan pemegang saham sebagai komisaris independen, menggantikan Robert Holmes Swann dan memberhentikan jabatannya.

John memiliki pengalaman luas di berbagai bidang, termasuk Ketua Ernst & Young Indonesia dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). John juga saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi Sekuritas dan Bursa India dan memiliki peran sebagai penasihat di beberapa industri.

Masa jabatan William Tanujia dan Melissa Seka Gimanto sebagai anggota Direksi dan Direksi telah berakhir. Andre Soelistyo akan mengundurkan diri dari dewan komisi untuk fokus pada bidang lain.

Patrick mengatakan dengan pertumbuhan GoTo dalam beberapa tahun terakhir, kepemimpinan perusahaan terus berkembang untuk memastikan bahwa perusahaan memiliki pakar terbaik untuk pertumbuhan lebih lanjut.

Oleh karena itu, merupakan suatu kehormatan untuk menunjuk John A. Proscito sebagai Komisaris Khusus, kata Patrick.

Ia menambahkan, keahlian industri yang dimilikinya dan pengalaman John yang beragam, termasuk di Bursa Efek Indonesia, akan menambah nilai bagi perusahaan.

Kami berharap bisa bekerja sama dengannya dalam beberapa bulan ke depan, katanya.

Dalam rangka RUPS, perseroan meminta Patrick Sugito Valjo, presiden eksekutif perseroan sebagai calon pemegang saham seri B, untuk mendapat persetujuan pemegang saham swasta.

Sebagai investor awal di perusahaan, Patrick memberikan masukan sebagai pemegang saham dalam perumusan kebijakan strategis perusahaan dan memainkan peran kepemimpinan dalam pengelolaan GoTo. Perseroan tidak bermaksud menerbitkan saham baru Seri B sehingga tidak terjadi dilusi ekuitas pemegang saham.

“Pengalihan kepemilikan saham dan hak bacadisini.web.id ganda sehubungan dengan hal ini (SDHSM), hanya dapat dilakukan kepada pihak-pihak yang telah disetujui sebagai pemegang hak bacadisini.web.id ganda,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

 

 

Mengutip informasi BEI, perseroan dalam program RUPS juga akan meminta persetujuan pemegang saham untuk penambahan modal tanpa menerbitkan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) sebesar 10 persen dari modal ditempatkan dan disetor perseroan.

 Pada tanggal 10 Oktober 2023, Perseroan menerbitkan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) sampai dengan tahun 2023 sebanyak 17.045.733.334 saham Seri A yang mewakili 1,42% dari seluruh modal ditempatkan dan disetor.

Perseroan tidak akan melaksanakan sisa PMTHMETD 2023 pada atau sebelum tanggal 30 Juni 2024, sehingga persetujuan pemegang saham sebelumnya terhadap PMTHMETD 2023 menjadi batal.

Oleh karena itu, perseroan ingin meminta persetujuan baru kepada pemegang saham PMTHMETD sebanyak-banyaknya 10% dari modal ditempatkan perseroan dan harga yang ditentukan dalam Pasal 25 ayat (1) POJK 22/2021, setiap waktu sampai dengan 11 Juni 2025

Pada penutupan perdagangan saham Senin 20 Mei 2024, harga saham GOTO turun 1,52 persen ke Rp65 per saham. Harga saham GOTO dibuka 1 poin ke Rp 67 per saham. Harga saham GOTO setinggi Rp 67 dan terendah Rp 65 per saham. Total volume perdagangan sebanyak 23.915 kali dengan volume perdagangan sebanyak 21.875.724 lembar saham. Nilai transaksinya Rp 142,8 miliar.

Sebelumnya, PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menyelesaikan pengalihan aset atau saham industri logistik, PT Paket Anak Bangsa (PAB) atau GoTo Logistic. PAB memiliki dua anak perusahaan yaitu PT Swift Shipment Solutions (SSS) dan PT Swift Logistics Solutions (SLS).

Sehubungan dengan transaksi tersebut, perseroan telah menandatangani perjanjian jual beli saham tanggal 29 April 2024 antara perseroan sebagai pembeli dan pihak ketiga lainnya sebagai pembeli.

Perseroan telah menyelesaikan penjualan 100% kepemilikan perseroan di PT Paket Anak Bangsa. Perseroan telah mengalihkan kepemilikan perseroan di PAB sebanyak 2.435.898 lembar kepada pembeli dengan total harga jual tunai sebesar US$14,7 miliar, ujarnya. . Sekretaris Perusahaan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, RA Koesoemohadiani dalam siaran pers di Bursa, Jumat (10/5/2024).

Dengan selesainya transaksi pada tanggal 7 Mei 2024, Perseroan tidak lagi mengendalikan PAB dan anak perusahaannya. Oleh karena itu, lembaga-lembaga ini dikeluarkan dari kelompok. Direktur perseroan mengatakan transaksi ini dilakukan sebagai bagian dari reorganisasi internal dan restrukturisasi rencana bisnis perseroan.

“Akibat adanya perubahan di sektor e-commerce, Perseroan harus beradaptasi dengan tujuan bisnis Perseroan dengan melakukan peninjauan dan restrukturisasi bisnis logistik Perseroan, termasuk jenis bisnis pengiriman dan pemenuhan yang didukung Tokopedia,” kata Kosomohadiani.

Bagaimana pengaruhnya terhadap GoSend?”Transaksi ini tidak akan mempengaruhi GoSend, layanan pengiriman konsumen-ke-konsumen yang saat ini tersedia melalui aplikasi Gojek yang merupakan bagian dari Layanan Aplikasi unit bisnis perusahaan,”

Selain itu, perseroan berharap dapat meningkatkan pertumbuhan basis populasi pengguna umum pada unit bisnis layanan aplikasi dan teknologi finansial agar lebih efisien di pasar Indonesia. Hal ini dicapai dengan memanfaatkan keunikan ekosistem untuk menjangkau seluruh segmen konsumen. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.