Automatic Adjustment APBN 2024, Ini Penjelasan Airlangga

oleh -577 Dilihat
oleh
automatic adjustment apbn 2024 ini penjelasan airlangga 005b0ea

bacadisini.web.id.CO.ID, JAKARTA — Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlanga Hartarto mengatakan penyesuaian langsung APBN 2024 sebesar Rp50,14 triliun bertujuan untuk memperkirakan kebutuhan pembiayaan beberapa program. Program tersebut meliputi pelaksanaan survei sosial ekonomi nasional (Susenas), pemberian bantuan sosial, dan pembelian pupuk.

“Perubahan otomatis digunakan untuk memprediksi beberapa program, termasuk bansos. “Kita juga akan melakukan survei perekonomian nasional dan kita mempunyai tujuan untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrim menjadi nol, jadi ini penting,” kata Airlanga Hartarto. di Jakarta pada Rabu (14/2/2024).

Selain itu, dia juga mengatakan penyesuaian otomatis APBN 2024 akan digunakan untuk menambah anggaran pengadaan pupuk karena Indonesia kini memasuki musim tanam setelah sempat tertunda selama dua bulan. Menurut dia, anggaran pembelian pupuk pemerintah sebesar 26 triliun tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan petani sehingga pemerintah menambah anggaran sebesar 14 triliun.

“Presiden meminta anggaran ditingkatkan menjadi Rp 14 triliun. Apa alasannya? “Karena Rp 26 triliun. Tidak cukup, bahkan jumlah anggaran tahunannya mencapai 35 triliun rupiah. 40 triliun,” kata Airlanga.

Selain itu, kata dia, penguatan pupuk pemerintah juga perlu dilakukan karena petani kini diperbolehkan mengambil kuota pupuk bersubsidi selama satu tahun.

“Makanya untuk itu perlu dipastikan ketersediaan pasokan pupuk. “Karena yang terpenting bagi petani adalah siklus panen, jadi petani tidak perlu menunggu siklus anggaran (untuk mendapatkan pupuk bersubsidi). ” dia berkata. .

Ia berharap upaya tersebut dapat mendongkrak produksi petani saat musim panen dan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Lebih lanjut Airlanga mengatakan, penyesuaian langsung APBN 2024 tidak dilakukan secara tiba-tiba melainkan diperkenalkan oleh Menteri Keuangan Shri Muliani Indrawati saat DIPA diajukan.

Jadi, ketika DIPA diserahkan secara elektronik di Gedung Pemerintah, Menteri Keuangan sudah menginformasikan bahwa otomatis akan diubah,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.