Akses Layanan Onkologi dan Kedokteran Nuklir di Indonesia Makin Berkembang Untuk Pasien Kanker

oleh -48 Dilihat
oleh
akses layanan onkologi dan kedokteran nuklir di indonesia makin berkembang untuk pasien kanker 114a541

bacadisini.web.id.com – Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan penyebab kematian kedua setelah penyakit kardiovaskular. Pada tahun 2019, angka kejadian kanker di Indonesia bahkan menduduki peringkat ke-8 di Asia Tenggara.

Faktanya, 43 persen kematian akibat kanker tidak akan terjadi jika pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker. Untuk lebih mendukung masyarakat dalam hal ini, Rumah Sakit Murni Teguh telah bermitra dengan GE Healthcare Indonesia untuk fokus pada solusi onkologi (kanker) dan kedokteran nuklir di Indonesia.

Presiden PT Murni Sadar Tbk (MTMH) Dr. Dr. Mutiara, MHA, MKT, mengatakan layanan kedokteran nuklir saat ini merupakan teknologi terkini untuk pengobatan onkologi. Deskripsi dokter dan staf medis. (Unsplash/Institut Kanker Nasional)

“Radiologi kedokteran nuklir merupakan cabang ilmu radiologi yang menggunakan energi nuklir untuk mengobati penyakit kanker, dan menggunakan energi radiasi terbuka untuk mengevaluasi fungsi organ serta mendiagnosis dan mengobati penyakit,” jelasnya dalam konferensi pers, Selasa (18/10/2022). ).

Terapi ini, lanjutnya, memadukan dua konsep teknologi, radiologi dan energi nuklir. Dalam pengobatan kanker, radiologi berperan dalam mendeteksi dan memetakan sel kanker serta penyebarannya.

Sedangkan panas dari inti berperan sebagai penyalur obat untuk membunuh sel kanker di area sasaran tertentu dan aman digunakan dalam dosis rendah.

Nantinya RS Murni Teguh akan menawarkan solusi pencitraan molekuler, PET CT dan teknologi pencitraan terkini berbasis nuklir sehingga masyarakat yang membutuhkan tidak perlu lagi menunggu lama di rumah sakit umum atau bahkan mendapatkannya di luar negeri.

GE Healthcare juga akan terus mendukung RS Murni Teguh dalam pengembangan layanan kesehatannya di bidang kedokteran nuklir, radiologi, angiografi, USG, anestesi, dan pemantauan pasien.

Tidak hanya itu saja, Dr. Mutiara juga mengatakan melalui kerja sama ini, GE Healthcare juga akan melibatkan para ahli untuk melatih sumber daya manusia (SDM) dokter di RS Murni Teguh.

Dengan cara ini diharapkan SDM dokter RS ​​Murni Teguh dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pasien.

“Mereka tidak hanya berjanji memberikan teknologi yang bagus, tapi juga akan mendatangkan tenaga ahli untuk melatih SDM dokter kita. Jadi kita punya SDM dokter yang cukup kuat dan bisa melayani kita dengan lebih baik,” pungkas Mutiara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.